Wartawan Senior Nyalon Jadi Balon Walikota

Siap Ciptakan Kota Depok Bersih dan Cerdas

POSKOTAPONTIANAK.COM ! DEPOK-Wartawan senior yang beralamat di Jln. Jagung No. 17, RT 01/ RW 07, Kelurahan Beji, Kecamatan Beji,

Balon Wakil Walikota Rusdy Nurdiansyah (Ist)
Balon Wakil Walikota Rusdy Nurdiansyah (Ist)

Kota Depok, Jawa Barat, Rusdy Nurdiansyah berani tampil sebagai kandidat bakal calon Wakil atau Walikota Depok priode 2015-2020. Itu terbukti dengan kepiawaiannya Rusdy dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Kota Depok sudah teruji. Bahwa ia berhasil mengantarkan Nur Mahmudi Ismail menjadi Walikota Depok selama dua priode.

“Artinya, berangkat dari pengalamannya berada di belakang layar tersebut, saya melihat perlu ketegasan untuk membangun Kota Depok ini. Maka dari itu  saya siap menciptakan Kota Depok yang bersih dan cerdas dengan turut serta di Pemilukada Kota Depok 2015 ini,” ujar Rusdy kepada sejumlah rekan pewarta, Jumat (10/4/2015), saat ditemui di Balaikota Depok.

Pria yang sejak tahun 1978 telah bermukim di Depok ini menerangkan, selain itu juga jangan hanya bermodalkan slogan dan jangan hanya sekadar pencintraan saja, tetapi dibutuhkan implementasi kerja nyata yang diharapkan masyarakat. Pengalamannya sebagai wartawan yang cukup lama bertugas di Depok menjadi cukup memahami apa yang dinginkan masyarakat.

“Bahkan saya selama ini kerap mengkritisi kinerja Pemerintah Kota Depok guna ikut berpartisipasi menjadikan Kota Depok agar lebih baik dan tak salah arah, khususnya dalam menata pembangunan,” terang Rusdy.

Rusdy juga menambahkan, bahwa awalnya Depok ini merupakan daerah pemukiman, kini menjelma sebagai sebuah kota yang begitu cepat pertumbuhan penduduknya, tentu dengan beragam karakter manusianya. Tak ubahnya Jakarta, Depok dihuni oleh manusia dengan beragam adat istiadat, ya bisa dibilang Kota Depok saat ini sebagai Indonesia Kecil.

“Saya, banyak belajar dari pengalaman saya sebagai wartawan, bahwa perlu ‘berperang’ mengubah Depok menjadi lebih baik lagi, tertata, aman dan nyaman sebagai sebuah kota yang menjadi penyangga Ibukota Negara, Jakarta. Tentunya tidak mudah, ibarat membalikan sebuah tangan untuk membangun Kota Depok. Tapi, saya yakin dengan tekad ‘berperang’ Depok dapat dibangun sebagai sebuah kota yang ideal, yang diidam-idamkan masyarakat yakni sebagai sebuah kota yang bersih, nyaman, aman dan tentunya sebagaikota yang cerdas,” ujarnya.

Rusdy yang tak bersedia menyebutkan dari partai mana ia akan diusung, berjanji akan berusaha berpartisipasi dalam Pemilukada Depok 2015 melalui jalur partai ini mengatakan diperlukan ke depan itu, bukan pencitraan lagi tetapi keberanian dalam merubah Depok menjadi lebih baik.

 “Dalam istilah saya sudah saatnya kita ‘berperang’ membangun bersama dengan tekad menjadikan sebuah kota yang bersih dan cerdas. Konotasi bersih itu, ya bersih kotanya, bersih pemerintahannya, bersih prilaku masyarakatnya serta cerdas pemerintahannya dan pastinya cerdas masyarakatnya,” ucapnya.

Rusdy menegaskan, bahwa untuk membangun Kota Depok yang cerdas pada masa depan. Yakni, bila lalulintas diatur secara otomatis, jalan akan ditutup atau dibuka sebelum kemacetan terjadi. Lalu, data dari lapangan mengalir permanen membuat pemerintah mampu menganalisis, lantas merespon semua permasalahan kota dan menanganinya saat itu juga. Tak ada lagi energi yang terbuang percuma karena semua diatur otomatis.Kota cerdas sebagai tempat jaringan tradisional dan layanan publik dibuat lebih efisien tentunya dengan memanfaatkan information and Technology (IT) atau teknologi digital dan telekomunikasi. Hal  itu akan membuat pelayanan publik lebih baik, penggunaan sumber daya alam dan manusia lebih efisien, dan dampak buruk lingkungan lebih sedikit.

“Kota cerdas selain menyangkut warga yang cerdas juga membangun pemerintah cerdas yang tentunya lebih responsif, dan interaktif. Serta tentunya juga semua itu menjadikan demokrasi yang juga cerdas,” tandasnya.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *