Warga Protes : Dugaan Bangunan Tower di Gang Palaguna Tidak Kantongi Izin

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Pembangunan tower Gang Palaguna, Paris 1, Pontianak Tengara diprotes warga. Dimana warga sekitar mengklaim, tower yang dibangun di atas rumah berdiri tanpa ada megantongi persetujuan dari warga setempat dan tidak megantongi izin pembangunan tower Pontianak, Rabu(31/8/2016).

Bagunan tower yang diprotes warga./ hen
Bagunan tower yang diprotes warga./ hen

Husen salah satu warga RT 01/ Rw 14, saat di temui sejumlah awak media di DPRD kota Pontianak mengungkapkan, sedikitnya ada beberapa warga sekitar yang keberatan dengan keberadaan tower di atas bangunan rumah itu.

Dan Sebagian rumah warga berdekatan langsung dengan tower, hingga warga khawatir pengaruh radiasi akan mengganggu kenyamanan  bagi warga. Kedatangan saya kemari ingin ketemu anggota DPRD Komisi A dan ingin mempertanyakan kejelasan mengenai pembanguan tower,di Gang Palaguna Paris 1, ujar Husen.

Menurutnya, karena tidak ketemu dengan  Komisi A, kebetulan lagi ada rapat di DPRD kota Pontianak. Husen menambahkan, kami kecewa dengan adanya pembangunan tower tersebut bahkan kami tidak merasa menyetujui pembangunan tower.

Kepala Satuan Polisi Pamongpraja Kota Pontianak, Syf Adriana./ hen
Kepala Satuan Polisi Pamongpraja Kota Pontianak, Syf Adriana./ hen

Apa lagi memberikan izin kepada perusahan untuk membangun tower tersebut, kami selaku masyarakat yang tingal Paris 1, Gang Palaguna merasa keberatan dan Kami warga sudah pernah mengadukan masalah ini dengan Dinas Cipta Karya, Satpol PP dan DPRD kota Pontianak Komisi A, tapi sampai saat ini hasilnya nihil, beber Husen.

Terpisah Kepala Dinas Cipta Karya Kota Pontianak Fuady Yusla ketika dikonfrimasi membenarkan, pihaknya sudah mendapat laporan dari warga yang protes atas bangunan tower di Gang Palaguna yang tidak memiliki izin.

Menurut Fuady bangunan tower itu akan dibongkar, setelah sebelumnya sudah mengirim surat SP3 kepada pembangun tower. Sebenarnya itu bukan tower tapi antena, kalau tower kan pasti besar hanya saja masyarakat berangapan, antena tersebut adalah tower, tapi kami sudah  menyurati Sat Pol PP untuk melakukan eksekusi, jelas Fuady.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamongpraja Kota Pontianak, Syf Adriana kepada sejumlah media menuturkan, akan selalu siap membekup apabila diminta oleh Dinas Cipta Karya untuk membongkar bangunan tower itu.

Namun sejauh ini menurut Adriana, Satpol PP sudah meminta kepada pemilik tower agar membongkar sendiri,
karena Pol PP bukan ahli dalam pembongkaran tower.

Selain itu,  takutnya akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Seperti roboh mengenai rumah orang lain, kami dari pihak Satpol PP siap untuk melakukan pengawalan. Jika tidak ada respon dari perusahan untuk melakukan pembongkaran maka kami akan mencari ahli untuk segera melakukan pembongkaran dan kami akan lakukan tindak pidana ringan (Tipiring) untuk perusahan karena membangun tanpa mengantongi izin, tegas Adriana./ hendry Wjs/ abe PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *