Wakil Ketua DPR: Aksi Pramuka untuk Rohingya Harumkan Indonesia

( Kwarnas Gerakan Pramuka Luncurkan Program 120-Duta Medsos./ Dok KGP )

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( JAKARTA ) – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengapresiasi langkah cepat Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dalam merespon krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar. Aksi penggalangan dana melalui Bumbung Kemanusiaan yang diinisiasi Kwarnas dinilai sebagai cara unik dan tepat sasaran untuk membantu Rohingya.

“Saat orang sibuk bicara banyak tentang Rohingya, Pramuka sudah lebih dulu melakukan tindakan konkret dengan memberikan bantuan kepada mereka. Ini prestasi yang bagus,” ujar Agus Hermanto di DPR, Jumat (8/9).

Agus sendiri sudah mendengar kabar di banyak media massa tentang Andalan Nasional Kwarnas Eko Sulistio yang berhasil menembus sejumlah kantong pengungsian etnis Rohingya guna mendistribusikan bantuan. Keberhasilan itu, kata dia, bukan hanya mengharumkan nama Gerakan Pramuka, tapi juga Indonesia.

“Apa yang dilakukan oleh Kak Eko bukan hanya mengharumkan nama baik Pramuka, tapi juga Indonesia. Pramuka bisa mewakili masyarakat Indonesia atas keprihatinan yang terjadi di Rohingya,” jelasnya.

Menyikapi bencana kemanusiaan yang menimpa pengungsi Rohingya tersebut, ia meminta masyarakat Indonesia tetap tenang dan tidak terbawa emosi. Apalagi sampai mengirimkan berita hoax, baik foto atau tulisan.

Kwarnas Gerakan Pramuka akan kembali ke Myanmar guna menyalurkan bantuan untuk pengungsi Rohingya. Rencana ini akan dilaksanakan usai dana yang saat ini digalang melalui aksi “Bumbung Kemanusiaan” Gerakan Pramuka untuk Rohingya terkumpul.

“Setelah tanggal 16 September, Kwarnas Gerakan Pramuka akan kembali ke Myanmar membawa bantuan. Fokus kami, bantuan untuk anak-anak, wanita dan warga Rohingya yang lanjut usia,” tutur Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault.

Pria berkumis ini menegaskan, aksi “Bumbung Kemanusiaan” sering dilakukan oleh anggota Gerakan Pramuka di berbagai tempat. Aksi “Bumbung Kemanusiaan” adalah cara unik Pramuka menggalang dana kepedulian untuk sebuah tujuan tertentu. Dahulu, aksi ini biasanya menggunakan media bambu untuk menampung dana yang dikumpulkan.

“Ini cara Pramuka merespon masalah. Yuk, kita bantu terus para pengungsi Rohingya melalui Bumbung Kemanusiaan ini. Sekecil apa pun insya Allah berguna bagi mereka,” terang Adhyaksa.

Diketahui, aksi Bumbung Kemanusiaan untuk Rohingya  mendapatkan respons positif dari masyarakat. Terbukti, saat pertama kali dibuka pada Rabu (6/9) aksi ini berhasil mengumpulkan dana Rp 21 juta.

Untuk para donatur yang ingin memberikan bantuannya bisa mengirimkannya ke rekening BNI: 909010100 Cabang Menteng Jakarta Pusat, atas nama Pramuka Peduli.  Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Ranggawisnu (089503197260), Luqman Hakim Arifin (08179975424), dan email: info@pramukapeduli.org./(KGP)/ redPKP>

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *