Wakil Bupati Minta Tokoh Adat Bimbing Generasi Muda

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dan Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus menghadiri gawai nyapat tahun yang dilaksanakan oleh kobat menak kerabat (Komekar) di gedung ketaketik, pada Sabtu (25/6). Gawai harus dijadikan sebagai momentum untuk membimbing generasi muda agar tak terlibat dengan hal-hal negatif.

Sekretaris Komekar, Martinus Siden mengatakan, terwujudnya masyarakat adat yang berdaulat adalah menjalan adat istiadat yang baik. “Hukum tetap harus ditegakan dan dilestarikan dengan harapan agar masyarakat kerabat bermartabat diwilayah menak kerabat yang ada di Kabupaten Sekadau,” ujarnya.

Ia mengatakan, gawai tersebut merupakan wujud keberasamaan serta untuk melestarikan budaya dan tradisi. Hal ini, juga merupakan salah satu upaya untuk melestarikan tradisi, adat istiadat dan budaya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aloysius mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah sudah mengagendakan gawai dayak di Kabupaten Sekadau. Ia mengatakan, pemerintah mendukung gawai dayak dalam rangka untuk melestrarikan seni budaya adat istiadat dayak di Kabupaten Sekadau.

“Melalui gawai ini rasanya kebersamaan dapat terus terjaga dan bisa diteruskan untuk membangun Sekadau menjadi lebih baik,” ujarnya.

Aloy mengatakan, gawai dayak dapat menjadi momentum bagi tokoh masyarakat dan orang tua agar mensosialisasikan dan memberikancbimbingan kepada anak muda dayak untuk menjauhi narkoba dan kejahatan
lainnya.

“Harapannya orang tua, tokoh adat dan tokoh masyarakat dapatcmemberikan bimbingan kepada anak mengenai bahaya prostitusi, narkobacdan kejahatan lainnya,” pungkasnya. (mus)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *