Wabup Rupinus Resmikan Kantor Desa Maboh Permai

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU – Wakil Bupati Sekadau, SH, M.Si meresmikan penggunaan kantor desa Maboh Permai Kecamatan

Wabup disambut dengan prosesi adat Mualang, pancung buluh mudan dan injak telur./foto ;yahya
Wabup disambut dengan prosesi adat Mualang, pancung buluh mudan dan injak telur./foto ;yahya

Belitang Kabupaten Sekadau pada Senin (23/3/2015), kemarin. acara peresmian kantor desa juga dirangkai dengan acara ulang tahun desa Sungai Maboh yang kedua.

Selain meresmikan kantor desa, Wakil Bupati Sekadau juga pada kesempatan tersebut membuka secara resmi kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau tahun 2015. Ikut mendampingi wabup Sekadau Staf Ahli Bupati bidang sumberdaya manusia dan kemasyarakatan Hironimus, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah dan Politik Agustinus Agus, Kaban Kesbang Pemdes, Camat Belitang, Muspika Kecamatan Belitang, para Kepala Desa dan seluruh undangan.

Kedatangan rombongan disambut dengan tariat adat dayak, pancong buluh muda, injak telur dan minum tuak.

Sambutan Kades Maboh Permai Sebastian mengatan, desa Sungai Maboh dimekarkan pada tahun 2012 dari desa induk yaitu desa Padak. Secara administratif desa Maboh memiliki 2 Dusun Sungai Maboh dan Dusun Mengeris.

Dikatan Sebastian, luas desa Maboh Permai 39,6 km3 atau 39,56 ha dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 518 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.827 jiwa.
“ Dengan adanya kantor desa baru ini akan menambah semangat kami untuk meningkatkan kinerja dari apa yang telah kami kerjakan selama ini. tentu dalam membangun kami membutuhkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat desa Sungai Maboh. Untuk itu kami memnyampaikan ucapan terima kasiih setulus-tulusnya kepada Pemkab yang telah memberikan perhatian kepada desa kami ini,” ujarnya.

Sementara itu camat Belitang Miki Hermanto, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, meski usia desa Maboh Permai masih seumur jagung perangkat desanya bisa mengerti tentang pemerintah desa.

Lebih jauh camat Miki, meminta kepada perangkat desa dengan adanya pemekaran desa yang dilengkapi dengan fasilitas seperti kantor. Diharapkan pelayanan kepada masyarakat semakin lebih baik. “ Atas nama pemerintah kecamatan Belitang, kami menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang sudah membangun fasilitas kantor bagi desa Maboh Permai.

Ini berarti pelayanan yang menyangkut administrasi yang sebelumnya dilayani di rumah kepala  desa, sekarang masyarakat semakin lebih mudah dengan adanya kantor yang baru ini,” paparnya.

Sementara itu wakil Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada masyarakat desa Maboh atas dilaksanakannya tiga agenda besar bersamaan yakni peresmian kantor desa, syukuran atas ulang tahun desa Maboh Permai dan lomba desa tingkat kabupaten Sekadau yang pelaksaaanya di desa Maboh permai.

“ Untuk itu kita patut bersyukur, kalau dulu kita belum meiliki kantor desa, sekarang kita sudah punya kantor desa yang representatif bahkan terpilih dalam penilaian lomba desa mewakili desa-desa yang lain di kecamatan Belitang, meski usia desa Maboh masih seumur jagung,” paparnya.

Wakil bupati mengingatkan kepada seluruh perangkat desa yang diberi amanah oleh masyarakat agar menjadi pelayanan masyarakat yang sejati. “ Kita ini adalah aparatur pemerintah yang ditugaskan untuk melayani masyarakat, untuk itu kita harus sungguh-sungguh bekerja dengan tulus, jujur disiplin. Kita dituntut untuk menjadi pelayanan masyarkat,” ujar orang nomor dua di bumi Lawang Kuari ini.

Pada kesempatan itu juga Wabup mengingatkan, kepada perangkat desa dan kepada seluruh masyarakat desa Maboh agar memelihara kantor desa yang sudah dibangun dengan baik. “ Membangunnya mudah, tetapi merawatnya yang sulit. Untuk itu saya minta semangat kekompakan dan gotong-royong dalam menjaga kantor desa ini terus digalakan. Jaga kebersihannya, tanami dengan tumbuh-tumbuhan sehingga nampak indah,” pinta calon Bupati Sekadau periode 2015-2020 ini.

Wakil bupati sekadau Rupinus juga mengingatkan, kepada perangkat Sungai Maboh agar tujuan pemekaran desa yang adalah untuk memperpendek rentang pelayanan masyarakat dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat. “ Impian masyarakat untuk menjadi desa sendiri sudah terwujud, setelah itu masyarakat menghendaki adanya kantor dan itu sudah terwujud, tugas berikutnya adalah kepala desa bersama perangkat desa agar pelayanan kepada masyarakat menjadi hal penting dan harus dikedepankan,” pintanya.

Peresmian kantor desa ditandai dengan pembukaan plang desa dan penandatangan prasasti oleh wakil Bupati Sekadau Rupinus./Yahya-PKP/

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *