UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE-71

Unik, 25 Ribu Peserta Jambore Nasional Gelar

Upacara Bendera Rasa Bhinneka Tunggal Ika 

JAKARTA—Sekitar 25.000 peserta Jambore Nasional ke-10 tahun 2016 menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 dengan cara yang unik dan kolosal. Jika biasanya peserta upacara memakai baju coklat-coklat khas Gerakan Pramuka, kini dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, mereka hadir dengan memakai warna-warni baju daerah dari berbaga daerah di Indonesia.

”Seru kan?, Kalau ingin melihat Indonesia kecil sekarang ini, datanglah ke Cibubur, lihatlah Gerakan Pramuka. Di sini semua suku, agama, dan golongan bertemu bercengkrama dalam nuansa penuh persaudaran dan keanekaragaman,” jelas Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault sesaat sebelum bertindak sebagai pemimpin upacara (17/8)

Tak ayal, lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur pun terasa ramai dan warna-warni. Sebuah potret Indonesia kecil yang bisa membuat bulu kuduk berdiri.  Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan sesi foto membentuk angka ”71” sebagai bukti kecintaan terhadap Indonesia.

Kepada seluruh peserta, Adhyaksa Dault mengutip pesan Bung Karno kepada Gerakan Pramuka pada waktu pendiriannya tahun 1961. Engkau dipersiapkan untuk pembangunan semesta yang sehebat-hebatnya. Engkau dipersiapkan menjadi warga-negara Republik Indonesia yang setinggi-tingginya, nilai dan mutu. Karena itu engkau sebagai anggota Pramuka harus benar-benar merasa tanggung jawab itu.” 

Adhyaksa sangat menyakini, dua puluh sampai empat puluh tahun ke depan, akan banyak lahir lahir pemimpin-pemimpin dan tokoh-tokoh masyarakat dari rahmi pendidikan Gerakan Pamuka. “Mungkin saya sudah tidak ada. Tapi saya titip negara ini. Saya titip gerakan pramuka. Jadilah pramuka yang bertanggung jawab. Jadilah pramuka yang keren, gembira, dan asyik,” tandasnya.

Setelah upacara, peserta Jamnas dari berbagai daerah di Indonesia ini kemudian melakukan Karnaval Budaya mengelilingi areal Bumi Perkemahan. “Satu lagi, jangan lupa, mulai hari ini sampai besok ayo kita hidupkan  HUT RI dengan tagar #HUTRI71, #IndonesiaJaya #Jamnas2016,” tambah Adhyaksa.

Sekadar diketahui, Jambore Nasional merupakan event lima tahunan anggota Pramuka Penggalang se-Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan. Selain kegiatan-kegiatan bersifat fun, peserta Jambore juga melakukan kegiatan sosial, kesukarelawanan, kunjungan ke berbagai instansi pemerintahan, dan lain-lain.

Setelah sekian lama digelar di luar Jakarta, Jamnas kali ini digelar di Ibu Kota dengan tema ”Bangun Karakter Generasi Bangsa dengan Kegiatan yang Keren, Gembira, Asyik”. Yang spesial, jamnas kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke-55 dan HUT Kemerdekaan RI ke-71 sekaligus beberapa pemecahan rekor dunia./ HWS

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *