UNU Kalbar Mulai Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa

POSTKOTAPONTIANAK.COM, PONTIANAK– Setelah melakukan penerimaan dosen, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar bersiap-siap

Foto Bersama  Pengurus UNU Kalbar dengan Kepala Kanwil Kalbar.(ros-PKP)
Foto Bersama Pengurus UNU Kalbar dengan Kepala Kanwil Kalbar.(ros-PKP)

membuka pendaftaran mahasiswa. Sebagai langkah awal, mulai dilakukan sosialisasi.

“Lembaga yang pertama kita kunjungi untuk sosialisasi adalah Kementerian Agama Kalbar. Alhamdulillah, baru saja kita diterima oleh Kepala Kanwil Kemenag-nya, Pak Syahrul Yadi. Kita mengharapkan UNU Kalbar bisa tersosialisasi lewat jaringan madrasah aliyah yang dimiliki Kemenag,” kata Rektor UNU Kalbar, Dr Agung Hartoyo usai di Kantor Kemenag Kalbar, Kamis (12/3/2015).

Dijelaskan Agung, UNU sudah merampungkan penerimaan dosen. Sekarang, bersiap-siap untuk melakukan penerimaan mahasiswa. Sebelum penerimaan dilangsungkan, perlu dilakukan sosialisasi menyeluruh ke seluruh Kalbar.

“ Kalau tidak ada halangan akhir Maret atau awal April kita sudah membuka pendaftaran mahasiswa perdana. Menjelang pembukaan itu, kita melakukan sosialisasi dulu. Sasarannya utama Kemenag dan Dinas Pendidikan. Karena dua lembaga itulah yang memiliki jaringan sekolah tingkat atas atau sederajat,” papar dosen FKIP Untan ini.

Dalam pertemuan dengan Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Drs Syahrul Yadi M Si, menyambut baik atas kehadiran UNU. “Beliau sangat mendukung dan siap membantu sosialisasi UNU ke seluruh madrasah yang ada di Kalbar. Komitmen Pak Syahrul sangat membantu UNU,” ujar Agung.

Syahrusl Yadi lagi membaca brosur UNU Kalbar.(rJ-PKP)
Syahrusl Yadi lagi membaca brosur UNU Kalbar.(rJ-PKP)

“Setelah sosialisasi ke Kemenag, kita juga berencana audiensi ke Kepala Dinas Pendidikan Kalbar. Cuma, jadwalnya belum ditentukan. Setelah itu, ke lembaga lain dan ke sekolah-sekolah tingkat atas,” papar Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalbar ini.

Saat melakukan sosialisasi ke Kemenag Kalbar, Agung didampingi Pembantu Rektor (Purek) II Dr Andi Usman, Purek III Dr Rahmat Syahputra, Dekan Fakultas Teknik Dr Muhammad Rif’at, dan Kepala Biro Administrasi Umum Keuangan dan Kemahasiswaan, Rosadi Jamani M Si.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Drs Syahrul Yadi M Si merasa gembira didatangi para pengurus UNU Kalbar. Bagaimanapun, Syahrul merasa bagian dari orang NU. “Insya Allah saya akan membantu sosialisasi UNU. Setiap ada kesempatan pasti akan saya informasikan soal UNU,” katanya.

“Bagaimanapun saya juga orang NU, tentu memiliki kepedulian untuk membesarkan UNU Kalbar. Tentunya saya akan bantu sebisanya dan sesuai kewenangan,” ujar Syahrul yang juga Ketua Mabinda PMII Kalbar ini.

Ditambahkan Rosadi Jamani, sosialisasi yang sudah terjadwal pada 20 Maret ini di SMA 2 Sungai Raya. Sudah terjadwal karena sudah ada kepastian dari kepala sekolah itu untuk menyiapkan dan menumpulkan siswa kelas tiganya. “Ketika para siswa sudah berkumpul, di situlah kita akan sosialisasi UNU,” katanya.

“Dalam waktu dekat ini, kita berusaha mencari waktu yang pas untuk kesediaan Kepala Dinas Pendidikan Kalbar menerima audiensi pengurus UNU. Mudah-mudahan Pak Kadis punya waktu untuk menerima sosialisasi pengurus UNU,” harap Rosadi.

Kemudian, tanggal 21 Maret ini, UNU mengumpulkan seluruh pengurus dan perwakilan dosen hasil rekrutmen. Dalam pertemuan itu selain menyusun ulang silabus, juga membicarakan sosialisasi UNU secara sistematis. “Harapan kita, sosialisasi UNU Kalbar cepat tersosialisasi cepat,” harapnya. (RJ)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *