Untuk Kesekian Kalinya, Operasi PETI Bocor Lagi

Razia PETI bocor lagi./yahya
Razia PETI bocor lagi./yahya

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Lagi-lagi untuk kesekian kalinya, Polisi dikadali oleh para pelaku aktivitas pertambangan emas tanpa ijin (PETI). Jika sebelumnya petugas gabungan yang terdiri dari polisi, TNI, Satpol PP dan PNS pulang dengan tangan hampa kala menertibkan PETI di kawasan Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau, kali ini pekerja di kawasan Tanjak Dait, Desa Peniti yang bikin petugas buang-buang tenaga.

Dipimpin Kepala Bagian Operasi Polres Sekadau, Komisaris Polisi Oon Sudarman, 45 orang Polisi yang tergabung dari personil Polres dan Polsek Sekadau Hilir berangkat menuju lokasi PETI yang terendus di sekitar wilayah Tanjak Dait.

Untuk mencapai lokasi tidaklah mudah. Jaraknya yang lebih kurang 50 kilometer dari kota Sekadau memang dapat ditempuh lewat jalur darat. Hanya saja, medan jalan lumayan membuat polisi kerepotan.

Sudah letih di perjalanan, petugas dihadapkan pada kenyataan pahit, yakni sasaran yang diburu sudah kosong. Para pekerja PETI sepertinya sudah lebih lihai main kucing-kucingan. Entah darimana jalurnya, siapa informannya, dan bagaimana alur komunikasinya, yang jelas saat petugas tiba di lokasi PETI, lahan tersebut sudah sepi ibarat kuburan.

Polisi hanya menemukan alat-alat PETI seperti enam set mesin, satu unit mesin pom, serta tujuh lanting. Semua barang bukti yang ditemukan dimusnahkan di tempat dengan tujuan membuat jera para pekerja.

Soal apakah aktivitas PETI yang sudah mengakar akan berhenti atau minimal berkurang, urusannya lain lagi.

“ Operasi penertiban PETI di Tanjak Dait, Desa Peniti yang dilaksanakan Kamis 2 April 2015 menemukan enam unit mesin, satu pom dan tujuh buah lanting mesin, sementara pekerja nihil. Diduga operasi sudah bocor,” ungkap Kapolres Sekadau AKBP Muslikhun.

Persoalan bocornya operasi penertiban PETI memang bukan cerita baru. Hal ini sudah sering terjadi. Padahal, informasi tentang operasi polisi, apalagi yang berkaitan dengan penertiban kegiatan ilegal sifatnya rahasia. /Ya

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *