UN Berbasis Komputer

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTINANAK Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, DR Akim MM sedang mempersiapkan UNBK, Ujian Nasional Berbasis Komputer. Hal tersebut seperti dikatakannya pada postkotapontianak.com tadi pagi diruang kerjanya.

Akim mengaku sedang mempersiapkan UNBK, mempersiapkan sekolah sekolah yang akan melaksanakan UNBK dan memetakannya.

Kesiapan UNBK di Kalbar naik secara signifikan. Tahun lalu cuma 2 SMA dan 19 SMK sekarang 86 SMA dan 90 an SMK yang siap UNBK. Kenaikan nya cukup signifikan, lumayan.

Tidak hanya sekolah yang dikota saja yang siap, yang dikecamatan pun siap dimobile ke kota. “Sekolah yang belum mempunyai infrastruktur kita coba Mobile ke sekolah yang lebih siap,” kata ayah 3 orang putra ini.

Ia juga akan menerapkan pola kolaborasi antara SMA, SMK, SMP, MTS untuk UNBK menggunakan peralatan secara bergantian. Ia akan mengecek kesiapannya.

Pola kolaborasi pun akan dicoba misalnya kerjasama dengan Telkomsel dengan Sewa alat selama UNBK. Agar alat tidak mubazir.

Saat ini menurut Akim, laptop atau komputer bukanlah barang mewah lagi. Siswa SMP dan SMA sudah membutuhkannya. ” Sudah menjadi kebutuhan,” kata Akim lugas.

Indeks Integritas dengan UNBK ini semakin meningkat. Tingkat kejujuran Siswa Kalbar bahkan mengalahkan siswa Nasional. Karena saat UNBK tidak ada bocoran soal atau jawaban yang terjadi.

Tingkat kejujuran saat UNBK ini sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa siswa jujur, dan tidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu orang tua dan guru harus mendorong agar anak anaknya UN dengan cara yang baik agar indeks Integritas bisa diatas rata rata nasional lagi yaitu diatas 70 an.

Orang tua yang mampu hendaknya membelikan anaknya laptop atau komputer untuk menunjang pendidikan nya disekolah. Karena zaman sudah berubah. Kini dengan komputer,laptop atau internet apa pun informasi bisa didapat.

Apalagi di abad 21 ini siswa dituntut untuk lebih kritis, kreatif, mampu bekerja sama dan mampu mengkomunikasikan semua pembelajaran yang telah didapatnya. (Tr/PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *