Tukang Ojek Saja Peduli Lingkungan

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Gotong-royong merupakan salah satu ciri bangsa Indonesia. Meski majemuk, masyarakat selalu

Gotong royong bersihkan lingkungan./ yahya
Gotong royong bersihkan lingkungan./ yahya

membudayakan gotong-royong dalam mengerjakan sesuatu, terutama yang bersangkutan dengan kepentingan orang banyak.

Ini pula yang disadari para tukang ojek yang pedagang emperan yang saban hari mangkal di sekitar steigher penyeberangan Sekadau-Seberang Kapuas. Jum’at (27/3/2015), pagi-pagi sekali belasan tukang ojek sudah berkumpul di pos ASDP dekat steigher pasar Sekadau. Sebagian diantaranya mengenakan seragam khas tukang ojek yang tergabung dalam organisasi Poterlas.

Para tukang ojek ini sudah paham apa tujuan mereka berkumpul pagi-pagi benar. Tanpa banyak komando, mereka bergegas menuju pantai sungai. Setiap sampah yang tersebar mereka pungut tanpa luput. Kawasan bantaran sungai Kapuas memang relatif kumuh. Ini tak lepas dari kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai.

“ Aksi bersih-bersih ini tujuannya agar lingkungan disini lebih bersih, lebih nyaman, dan enak dipandang. Ini swadaya dan rencananya akan dilaksanakan tiap Jum’at,” ujar Wak Agoy, salah satu peserta bersih-bersih.

Menurut Wak Agoy, menjaga kebersihan lingkungan adalah budaya yang harus terus dipupuk. Kalau lingkungan bersih, otomatis aktivitas masyarakat akan lebih nyaman. Selain itu, juga bisa menghindarkan segala penyakit seperti malaria atau DBD yang disebabkan nyamuk.

“Kalau bukan kita-kita, ya nunggu siapa lagi. Ini salah satu yang bisa kita perbuat untuk masyarakat, mudah-mudahan bermanfaat” tutur Wak Agoy./Yahya

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *