Gambar Bangunan Tugu Jeruk Tebas Yang Baru, Panitia Lakukan Sayembara

Tugu Jeruk Kota Tebas yang dibangun 20 tahun lalu./ Luk/Postkotapontianak.com
Tugu Jeruk Kota Tebas yang dibangun 20 tahun lalu./ Luk/Postkotapontianak.com

TEBAS ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Imbas dari pengerjaan pelebaran jalan Nasional di seluruh Kabupaten Sambas berdampak pada rusaknya Tugu Jeruk Kota Tebas yang dibangun 20 tahun lalu. Menurut Tokoh Masyarakat H.Muhanni Abdur tugu itu kita bangun dijaman Camat Syahbirin.BA sebagai ikon yang melambangkan bahwa Tebaslah pengahsil Jeruk Terbanyak pada mulanya di Kabupaten Sambas ini.

Dengan robohnya Tugu jeruk dan tidak memungkinkan lagi untuk di gunakan maka Camat Tebas Sugiarto.SH.MM berinisiatif membangun lagi yang lebih refresentatif dengan mengundang para Tokoh masyarakat, Pemuda dan Tokoh Ormas, OKP yang ada di Kecamatan Tebas.

Dari hasil rapat tersebut timbul ide umtul membangun lagi Tugu Jeruk yang kelak akan diletakan persis didepan Pasar Rakyat Tebas. Ikon bahwa Tebas sebagai penghasil Jeruk harus tetap dijadikan momen  dan sebagai refresentasi generasi muda kini dan mendatang, papar Asya’arin Imran Tokoh Masyarakat Kecamatan Tebas.

Selanjutnya dibentuklah Panitia seleksi sayembara untuk desain membuat gambar Tugu Jeruk dan bagi gambarnya yang terpilih maka gambar tersebutlah yang akan di repleksikan sebagai Tugu Jeruk Kota Tebas yang baru dan bagi pemenang akan diberikan sagu hati sebesar dua juta rupiah.

Adapun Panitia seleksai sayembara gambar tugu jeruk adalah Ketua Mauludin.Spd, dengan Sekreatris Krisyanto Spd.Mpd, serta anggota. Lukman Hakim, M.Idrus Spd.Mpd, H.Hermanto, Mulyadi Spd.Mpd. Sedangkan untuk Ketua Pelaksana pembangunan dipercayakan kepada  Rudi Asya’arin Imran.Amd dan Uray Edy U.Bakar.

Panita seleksi juga memberikan kreteria, pertama Tugu Jeruk harus mencerminkan tiga Etnis penduduk Kabupaten Sambas yakni Melayu, Dayak, Tionghoa. Sementara teknis lainnya para peserta akan diberikan breefing dikemudian hari oleh pansel sayembara desain atau gambar Tugu Jeruk Kota Tebas.

Peserta terbuka bagi umum baik PNS,Peajar dan Mahasiswa baik penduduk Kabupaten Sambas atau luar Kabupaten Sambas dengan berdirinya Tugu Jeruk ini selain sebagai Ikon Kota Tebas juga untuk mengenang bahwa dulunya Kota Tebas adalah penghasil jeruk terbesar yang pernah di ekspor sampai keluar negeri.

Pada masa jayanya jeruk Tebas yang oleh orang luar dikenal sebagai jeruk Pontianak ini banyak memberikan kontribusi baik pada Pemda setempat maupun pada masyarakat umum, banyak umat Islam saat itu yang mampu pergi Haji ke Mekah, bahkan anak anak muda banyak yang kuliah diperguruan tinggi, papar H.Muhanni Abdur./Lk/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *