Toto “Remaja” Dikenal Memiliki Jiwa Pemimpin

Reporter : Devi Lahendra
PONTIANAK  ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Santun bersahaja tampak jelas dari

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen Toto R Soedjiman Menyerahkan Cinderamata Kepada Ahong, Pemilik Warung Kopi di Jalan Merapi./ foto : dokumen dd/lk
Pangdam XII Tanjungpura Mayjen Toto R Soedjiman Menyerahkan Cinderamata Kepada Ahong, Pemilik Warung Kopi di Jalan Merapi./ foto : dokumen dd/lk

kepribadian sehari-hari Mayjen TNI Toto R Soedjiman, yang tidak lama lagi mengakhiri masa tugasnya sebagai Pangdam XII Tanjungpura.

Sebagai anak mantan Gubernur Kalbar, Mayjen TNI (purn) Soedjiman (Alm), Toto sudah tidak asing lagi dengan Kalimantan Barat, bahkan remajanya beliau mengenyam pendidikan di sekolah yang ada di Kota Pontianak.

Meskipun sibuk dengan berbagai rutinitas sebagai anggota TNI berpangkat bintang dua, namun tidak membuat dirinya tinggi hati dan melupakan teman-temannya semasa masih remaja dulu, di mana masih berseragam sekolah.

Warung Kopi dibilangan Jalan Merapi, tepatnya di jantung Kota Pontianak, menjadi tempat andalan Pangdam XII Tanjungpura untuk berkumpul bersama teman sejawat, bersama sahabat semasa kecil dan membaur bersama masyarakat pecinta kopi. Tidak ada pembicaraan penting yang mereka bicarakan, selain membicarakan masa mereka remaja tempo dulu yang kini mungkin masih membekas diingatkan mereka masing-masing.

Sembari meneguk kopi yang dihidangkan, sedikit gurauan serta suara tertawa keluar dari mulut mereka di kala Pangdam XII Tanjungpura membuka cerita mengingat kejahilan mereka pada saat menginjak masa remaja dulu.

Keakraban yang tampak dari pertemanan mereka sangat jelas dengan santainya mereka saling bercanda, tampa ada pejabat, pengusaha maupun masyarakat biasa. Di meja kopi itu juga tidak ada perbedaan suku, baik melayu, cina, jawa, dayak mereka semua membaur menjadi satu sebagai masyarakat biasa.

Dan dikesempatan itu pula Toto sekaligus berpamitan dengan teman-temannya, karena akan purna tugas sebagai anggota TNI dan sebagai Pangdam XII Tanjungpura.

“Akhir tahun ini, juga menjadi akhir masa tugas saya sebagai Pangdam XII Tanjungpura, saya akan pensiun dengan pensiunnya saya bukan bearti saya tidak memberikan sumbangsih pemikiran saya untuk pembangunan Kalbar, karena Kalbar sudah menjadi kampung halaman saya karena di sini orang tua saya pernah bertugas dan di Kalbar pula saya pernah mengenyam pendidikan serta di Kalbar pula saya mengakhiri masa tugas saya sebagai anggota TNI, ” tukas Toto sembari menebar senyum./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *