Tips Menggunakan Dispenser Agar Anda dan Keluarga Terlindungi

Dispenser galon bawah./ Ist
Dispenser galon bawah./ Ist

DISPENSER  merupakan alat yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum di rumah. Di setiap rumah hampir semuanya mempunyai alat ini. Manfaat dari alat ini begitu terasa saat Anda memerlukan air panas untuk menyeduh teh, kopi, sirup, dan lain-lain. Ya, dengan menggunakan alat ini, Anda tidak perlu mendidihkan air terlebih dahulu.

Ini pastinya akan menghemat waktu dan juga gas Anda. Namun Anda juga harus selalu waspada jika memiliki anak kecil di rumah, pasalnya dispenser ini dapat membahayakan anak Anda. Di pasaran terdapat macam-macam dispenser ada yang memiliki dua kran ada juga yang memiliki tiga kran.

Ada juga yang dispenser galon atas dan gallon bawah. Harga dispenser gallon bawah tentunya lebih mahal dibandingkan dengan dispenser gallon atas. Harganya yang mahal ini memang cukup beralasan, pasalnya dispenser gallon bawah dibuat lebih praktis dan juga desainnya lebih modern. Jadi tidak heran jika harga dispenser galon bawah lebih mahal.

Alat ini juga ada yang menyatu dengan kulkas dan ada juga yang terpisah. Dilihat dari segi ukuran alat ini juga tersedia untuk ukuran mini atau kecil. Dari beragam jenis dispenser tersebut, manakah yang menjadi favorit Anda? selera orang memang berbeda-beda, namun pada intinya memilih alat yang berkualitas dan juga tahan lama adalah prioritas yang utama.

Alat ini dapat dijangkau dari berbagai kalangan, baik kalangan bawah sampai kalangan atas, sehingga banyak sekali yang mengoleksi alat ini untuk mempermudah dalam melaksanakan kegiatan rumah tangga.

Penggunaan dispenser yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, dapat mengakibatkan cedera yang ringan. Untuk itu simaklah informasi mengenai cara menggunakan alat bermanfaat ini secara benar dan juga aman, agar seluruh keluarga Anda dapat terlindungi.

Mengganti gallon

Banyak sekali kejadian tidak terduga saat mengganti gallon pada dispenser gallon bawah seperti keseleo, jari-jari terjepit, dan cedera punggung atau tulang belakang. Penyebab yang pertama adalah tidak terbiasa mengangkat beban yang berat, gallon ini memiliki volume kira-kira 19 liter air. Penyebab yang kedua adalah salah posisi dalam mengangkat gallon. Menurut kesepakatan para ahli, mengangkat gallon tidak harus dengan posisi membungkuk dan mengangkat gallon ke atas dengan menggunakan tangan. Cara yang benar adalah dengan posisi jongkok dan gunakan lutut sebagai tumpuannya kemudian angkat gallon tersebut. Dengan cara tersebut cedera dapat diminimalisir.

Tergelincir akibat lantai yang licin

Tumpahnya air di sekitar dispenser saat akan mengganti gallon merupakan hal yang wajar. Untuk itu Anda harus ekstra hati-hati karena lantai yang bercucuran air akan menjadi licin dan dapat mengakibatkan Anda tergelincir. Air yang bercucuran juga bisa diakibatkan dari drip tray yang sudah terisi penuh namun lupa untuk dikosongkan. Solusi yang tepat, rajin-rajinlah mengosongkan drip tray secara teratur dan jangan lupa untuk mengepel lantai.

Awasi  hot water dispenser

Sebaiknya jauhkan alat ini dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai anak Anda tersiram air panas dari alat ini. berilah pemahaman kepada anak Anda tentang bahaya dari alat ini, jika perlu belilah alat yang memiliki fitur keselamatan anak.

Bersihkan alat bermanfaat ini secara rutin

Bersihkan setiap 2-4 minggu sekali atau saat akan mengganti gallon. Agar tidak terkena arus listrik, cabut dulu kabel listrik dari stop kontaknya sebelum membersihkan.

Demikianlah tips menggunakan dispenser agar Anda tidak mengalami cedera dan keluarga Anda aman dari bahaya. Jika Anda mempunyai tips lain yang bermanfaat silahkan untuk dipraktekkan./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *