Tim Kolatkoarmabar Laksanakan Uji Terampil Glagaspur P1/P2 Di Mako Lantamal XII Pontianak

Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syufenri, M.Si menerima Tim Komando Latihan Armabar dalam rangka Uji Terampil Gladi Tugas Tempur Pangkalan Tingkat I/ P1 dan tingkat II/P2 di Markas Komando Lantamal XII Pontianak Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak. Rabu (14/12).// foto Dok DPL //

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK  – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M. Hari diwakili Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syufenri, M.Si menerima Tim Komando Latihan (Kolat) Armabar dalam rangka Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat I/ P1 dan tingkat II/P2 di Markas Komando (Mako) Lantamal XII Pontianak Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Pontianak. Rabu (14/12/2016).

Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) M. Hari dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Lantamal XII menyampaikan dalam rangka mendukung tugas pokok dan fungsi pangkalan serta penyelenggaraan pembinaan latihan pangkalan secara bertingkat dan berlanjut maka dilaksanakan uji terampil Glagaspur pangkalan oleh Kolatarmabar dengan dilaksanakan uji terampil ini diharapkan dapat memberikan gambaran terhadap penguasaan keterampilan dan kemampuan perorangan maupun tim secara teknis dan taktis, serta terjalinnya kerjasama antara pos tempur, pos komando dan pos komando utama, yang dapat menunjukkan indikator tingkat kesiapan operasional satuan dalam penggunaan kekuatan guna mendukung penyelenggaraan tugas-tugas OMP maupun OMSP kepada seluruh Prajurit Lantamal XII Pontianak, tunjukkan semangat dan motivasi tinggi, jalin kerja sama tim secara sinergis dan interaktif sehingga kita harapkan uji terampil dapat terlaksana dengan baik, lancar dan zero accident.

Komandan Kolatarmabar Kolonel laut (P) Deni Septiana, S.IP., M.A.P. selaku Ketua Tim uji terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I/P1 dan Tingkat II/P2 beserta anggota Tim Uji terampil Kolatarmabar  melaksanakan penilaian uji terampil di wilayah kerja Lantamal XII Pontianak dari tanggal 14 dan 15 Desember 2016.

Dalam sambutannya Komandan Kolatarmabar menyampaikan bahwa penilaian terhadap penyelenggaraan Glagaspur pangkalan merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan keberhasilan suatu latihan, uji terampil glagaspur pangkalan TK.I/P-1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dalam menggunakan peralatan/persenjataan masing-masing dalam pelaksanaan tugas, uji terampil glagaspur pangkalan TK.II/P-2 merupakan keseiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama secara teknis dan taktis sesuai dengan tugas dan fungsinya, dengan tujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan latihan; menentukan tindakan korektif yang diperlukan segera maupun kemudian hari dan memberikan gambaran tentang tingkat kesiapan kesatuan.

Latihan satuan pada dasarnya merupakan penyerasian kesiapan personil, kesiapan teknis, kesiapan operasi dan kesiapan strategis yang diselenggarakan secara terpadu dalam fungsi pembinaan setiap komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) secara bertingkat dan berlanjut. Pelaksanaan latihan disiapkan untuk penggunaan kekuatan pada masa operasi militer untuk perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP) guna mengukur kemampuan personil dan daya tempur alutsista yang dimiliki. Untuk itu kegiatan latihan harus diprogram secara baik dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, Hal ini tidak terlepas dari tugas pokok Pangkalan TNI Angkatan Laut yaitu menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur , satuan, dan Kotama TNI Angkatan Laut serta melaksanakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan Negara di laut dan tugas-tugas lainnya. Didalam pelaksanaan tugas pokok tersebut Pangkalan TNI Angkatan Laut dituntut Untuk memiliki beberapa kemampuan seperti halnya kemampuan dukungan logistik dan administrasi, kemampuan pembinaan intelijen,kemampuan pengamanan laut kemampuan penyelenggaraan bantuan operasi pada otoritas sipil, kemampuan pertahanan pangkalan dan kemampuan K4IPP (Komando, Kontrol, Komunikasi, Komputer, Intelijen, Pengawasan Dan Pengintaian).

Dalam rangka mengukur keberhasilan penerapan doktrin, taktik dan teknik peperangan laut tidak terlepas dari fungsi penilaian yang dipersyaratkan yaitu memiliki kemampuan untuk memberikan evaluasi, pengukuran (measurement) test dan penilaian (assessment) kepada pelaku latihan agar didapat standarisasi kemampuan yang dipersyaratkan dalam tingkatan latihan. Agar penilaiann latihan dapat terarah dan terlaksana secara baik maka perlu adanya penyelenggaraan penilaian dalam latihan oleh penilai yang bertugas untuk memberikan penilaian dan mengevaluasi terhadap pelaksanaan latihan yang dilaksanakan pelaku serta melaporkan hasil penilaian kepada komando atas.

Turut hadir dalam pembukaan uji terampil Glagaspur P1/P2 Kolatarmabar, para Asisten Danlantamal XII,para Kasatker dan Kadis Lantamal XII, serta Personel Pa, Ba, Ta Lantamal XII Pontianak./DPL/(abePKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *