Terkait Pemilukada Komisi A DPRD Soroti Kinerja Disdukcapil Depok

Ketua dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Depok./Ist
Ketua dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Depok./Ist

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! DEPOK-Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok, Hamzah mengungkapkan, bahwa pihaknya segera memanggil Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mumun Misbahul Munir, guna mengantisipasi kecurangan dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Depok pada Desember 2015 mendatang. Selain itu juga untuk mengetahui jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) di Kota Depok.

“Jadi komisi A DPRD  segera memanggil Kepala Disdukcapil untuk mengetahui jumlah DP4 Kota Depok. Kita berharap tidak ada permainan dalam DP4 tersebut agar Pemilukada mendatang berjalan dengan baik, tanpa ekses keributan,” ungkapnya kepada pewarta Kamis (23/4/2015), diruang kerjanya.

Dia menjelaskan, bahwa pemanggilan tersebut menjadi sangat penting karena DP4 akan dijadikan pijakan awal oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok dalam menentukan daftar pemilih tetap (DPT). Bahkan DP4 yang diserahkan Disdukcapil kepada komisioner KPUD harus benar-benar pasti.

“Jadi Komisi A tidak ingin kecolongan. Kami juga berharap tidak ada keberpihakan dari PNS untuk mendukung partai atau calon tertentu,” jelas Hamzah.

Hamzah menegaskan,  sudah seharusnya pihak Disdukcapil belajar dari pengalaman lima tahun lalu, dimana masih banyak data ganda, nama ganda, orang yang telah meninggal, dan banyak lagi permasalahan lainnya yang masih terdaftar dalam DP4.

“Memang saat ini Disdukcapil menggunakan data e-KTP. Namun, segala kemungkinan eror harus diwaspadai. Jangan juga human eror dan mesin eror dijadikan alasan, apalagi sampai dijadikan kambing hitam,” tandas kader Partai Gerindra itu.

Sementara itu,  Nurhasyim, selaku Ketua Komisi A membenarkan rencana Komisi A memanggil Kepala Disdukcapil Mumun Misbahul Munir. Menurutnya, pemanggilan Munir terkait erat dengan persiapan DP4 yang akan diserahkan ke KPUD Kota Depok.

“Minggu depan rencananya kita panggil Kepala Disdukcapil Munir,” ujarnya.

Nurhasyim juga tidak ingin melihat ataupun mendengar ada permainan dalam menentukan DP4. Apalagi sampai ada indikasi keberpihakan Disdukcapil dalam pemenangan partai ataupun calon walikota.

“Artinya kita wanti-wanti mereka agar tidak melakukan hal itu,” imbuhnya./Faldi/Sudrajat

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *