Target 120 Duta Medsos Gerakan Pramuka ‎adalah Positive Makers

JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mencanangkan program 120 duta media sosial (Medsos) bagi anggota Pramuka seluruh Indonesia. ‎Salah satu tujuan dan targetnya adalah terbentuk “Positive Makers” bagi anak-anak Pramuka sesuai dengan tagline-nya.

Mereka akan menjadi duta yang selalu siap membuat dan menyampaikan kabar positif di media sosial. ‎Positive Makers itu bisa berbentuk karya-karya anak bangsa, perilaku-prilaku keteladanan seorang tokoh yang inspiratif, atau cerita kepahlawanan, budaya, pariwisata, dan juga kearifan lokal setempat.

‎”Jadi, duta-duta medsos ini akan menjadi pembuat hal-hal positif, mengisi konten-konten positif.‎ Targetnya nanti, porsi terbesar medsos di Indonesia didominasi oleh hal-hal yang positif,” ujar Wakil Ketua Kwarnas Bidang Renbangma, Marbawi saat dihubungi, Selasa (28/2/2017).

Lebih dari itu, Marbawi mengatakan, yang paling fundamental dalam program 120 Duta Medsos adalah tertanamnya jiwa dan kesadaran ‎bahwa setiap Pramuka adalah kantor berita. Dan mereka bisa mengerjakan itu dengan cara-cara kerja jurnalistik yang benar.

“Bukan hanya hanya sekedar akun, lupakan akun. Tapi jadikan ia sebagai rumah, sebagai kantor berita, sebagai sumber kebajikan‎,” jelas Marbawi.

Rencananya, program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dalam hal pembinaan,  monitoring, ‎dan evaluasi. Setelah mereka sukses menjadi duta di daerahnya masing-masing, diharapkan pola pikir mereka berkembang informasi yang disampaikan tidak hanya melalui media sosial, tapi juga juga mengunakan medium lain.

“Nanti mereka bisa bikin dan kembangkan sendiri di daerah-daerah cabang sampai gugus depan dengan sumber daya sendiri, sehingga akan membentuk kelompok yang berjejaring,” jelasnya.

Program 120 Duta Medsos diputuskan pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, pada tanggal 22-24 Februari 2017. Rakernas dihadiri oleh 34 Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka seluruh Indonesia, dan juga dari unsur Andalan Nasional dan Dewan Kerja.

‎Dalam program Duta Medsos ini setiap Kwartir Daerah akan mengirimkan tiga  orang. Syaratnya, usia 15-25 tahun, dan sepanjang Januari 2016-Juni 2017 sudah memposting 20 konten di Medsos tentang pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya, dan potensi daerahnya. ‎Transport dan akomodasi selama di Jakarta semua ditanggung oleh Kwarnas.

Nantinya, mereka akan dilatih tentang cara membuat konten dan penyebarannya dengan baik dan benar. Program ini akan diadakan pada Juli 2017. Bagi seluruh anggota Pramuka yang berminat dan memiliki bakat jurnalistik, bisa segera melakukan koordinasi dengan pengurus Kwarda-nya masing-masing. //Kominfo Kwarnas//

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *