Tanpa Izin Lingkungan PT. AHN Nekat Jalankan Usaha

* Masyarakat Resah, Kondisi Jalan Alianyang Hancur Lebur

KUBU RAYA, POSTKOTAPONTIANAK.COM-Akibat lemahnya penindakan sanksi hukum di Kabupaten Kubu Raya khususnya kepada para pengusaha yang melanggar aturan dalam menjalankan roda usahanya, tak ayal kini sudah mulai bermunculan bangunan ataupun usaha walaupun izin lingkungan belum dikantonginya baik itu rekomendasi desa maupun Kecamatan setempat.

Lokasi PT. AHN di Jalan Alianyang Sui Ambang./ Foto : Kli/PKP
Lokasi PT. AHN di Jalan Alianyang Sui Ambang./ Foto : Kli/PKP
 
Lihat saja realita dilapangan khususnya di wilayah Jalan Alianyang dan Trans Kalimantan banyak bangunan usaha yang rata-rata bersentuhan dengan jalur hijau atau areal yang di larang keras untuk didirikan bangunan baik usaha maupun tempat tinggal, karena sangat dekat dengan garis sepandan jalan yang dikhawatirkan menganggu lalu lintas kendaraan dan juga membayakan keselamatan manusia.
 
Berhubungan dengan hal tersebut wartawan media ini baru-baru ini menemukan sebuah perusahaan PT. Armada Hijau Nusantara yang bergerak di bidang Trucking sewa menyewa unit tronton trailer  yang berada di Jalan Alianyang Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kubu Raya disinyalir nekat membangun usahanya walaupun belum ada mendapat Izin lingkungan serta rekomendasi desa hingga kecamatan.
 
Hal ini terkuak dari hasil investigasi dan wawancara wartawan  dengan pihak-pihak terkait. Melalui via telepon selular Usman Faqih, Kepala Desa Durian dan H. M Jaini, S.Sos, M.Si Camat Sungai Ambawang secara tegas menga-takan kalau PT. AHN (Armada Hijau Nusantara) hingga saat ini belum mendapat Izin atau rekomendasi dari kedua intansi tersebut. “Dalam hal ini pihak Kecamatan akan segera memberikan surat teguran kepada perusahaan itu terkait aktivitasnya selama ini. Apalagi aktivitas PT. AHN sangat menganggu ketertiban lalu lintas para penguna jalan terutama debu,”ucap Jaini.
 
Sementara itu ketika dikonfirmasikan terkait banyaknya keluhan warga terhadap aktivitas PT. AHN yqang belakangan menyebabkan kerusakan jalan raya Alianyang, melalui perwakilannya Ordo, membenarkan kalau pihaknya belum mendapat surat Izin lingkungan berupa rekomendasi dari desa dan Kecamatan. “Formulirnya sudah siap tinggal menindaklanjuti saja, sedangkan untuk operasional perusahaan meski belum ada izin saya tidak dapat menjawab karena bukan kewenangan saya. Lebih baik tanyakan saja kepada Pimpinan PT. AHN Suprapto,” ujarnya./(kli/hel)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *