SUSANTO Ancam PTUN-kan Bupati Mempawah

MEMPAWAH, POSTKOTAPONTIANAK.COM-Terbitnya SK Bupati Mempawah No 191/2015 tentang Pengangkatan Dirut PDAM

SUSANTO, SE, ME.
SUSANTO, SE, ME.

Mempawah akan digugat di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pontianak.

Ancaman itu disampaikan mengingat terbitnya SK Bupati tersebut mengangkangi peraturan perundang-undangan. “SK itu bertentangan dengan amanah perundang-undangan yang mengatur tentang pengelolaan perusahaan daerah,” tegas Susanto,SE.ME kepada PostkotaPontianak.com Selasa (22/9/2015).

Seharusnya dalam hal pembentukan, penggabungan dan perubahan perusahaan daerah harus memiliki landasan hukum. “Pasal 177 UU No 32 Tahun 2004 telah jelas mengatur bahwa semua proses pembentukan BUMD atau perusahaan daerah harus melalui Perda,” jelasnya.

PDAM Mempawah dibentuk  oleh Pemerintah Daerah TK II Pontianak melalui Perda No 11 Tahun 1977 dan ini sesuai dengan amanah UU No 5 Tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah. “Artinya PDAM yang ada diberi Nama PDAM Tirta Dharma bukan PDAM Tirta Galaherang,” tegas Mantan anggota DPRD ini.

Jika Bupati bersikukuh bahwa apa yang diputuskan benar dengan terbitnya SK No 191 maka dirinya akan melakukan langkah hukum. “Ini saya lakukan untuk tertibnya administrasi pemerintah. Apalagi konsideran yang digunakan dalam SK itu perda yang dikeluarkan pada tahun 2010,” sambungnya.

Selama tahun 2010, menurut catatan Susanto tidak ada produk hukum tentang pengelolaan perusahaan daerah yang disusun atau disahkan. “Aneh aja, sebab selama tahun 2010 lembaga DPRD bersama eksekutif fokus merampungkan perda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) Sebagai tindak lanjut dari terbitnya UU No 28 Tahun 2009 tentang PDRD,” tegas Mantan Tim Sukses Ria Norsan-Ramlana itu.

Jadi intinya dari awal saya sudah sarankan agar ada revisi dan dilantik ulang terhadap Dirut PDAM Tirta Dharma bukan Tirta Galaherang. “Kalau mau ganti, buatlah perubahan Perda No 11/1977 yang disetujui DPRD,” ujarnya./PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *