Sri Utomo : Germas Harus di Aplikasikan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( DEPOK​ ) – Asisten Hukum dan Sosial Pemerintah Kota Depok, Sri Utomo mengungkapkan, bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar ikut serta mengaplikasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dalam kehidupan sehari-hari di kantor dan keluarga.

( Sri Utomo./ist )

“Jadi selain ASN, di harapkan kepada seluruh warga Depok diimbau untuk menerapkan juga Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dikediamannya atau rumah,” imbuhnya, Sabtu (22/4/2017), di Balaikota.

Dia menjelaskan, bahwa budaya sehat dalam Germas contoh kecil yang bisa diterapkan adalah dengan membiasakan diri untuk melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan sehari-hari.

“Jadi, seyogyanya seluruh ASN juga juga mengaplikasikannya, dan alangkah lebih baik jika turut bisa mengajak orang lain,” jelas Sri.

Dia juga mengingatkan, kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bisa menyediakan tempat cuci tangan, termasuk sabun atau sarana lainnya untuk mencuci tangan. Dengan begitu, kebiasaan hidup bersih dan sehat bisa terpatri dengan kuat di lingkup Pemerintah Kota Depok, baik untuk ASN atau masyarakat yang datang ke Balaikota.

“Artinya, disetiap tempat pelayanan juga idealnya diberikan tempat cuci tangan, atau handrub seperti di rumah sakit. Fasilitas itu bisa disediakan di tempat-tempat yang banyak masyarakat hadir,” imbuh Sri.

Sri menegaskan, bahwa di dalam promosi kesehatan anak juga menjadi objek yang diperhatikan oleh Pemkot Depok. Dikatakannya, pembiasaan hidup sehat juga harus digalakkan di kalangan anak-anak, guna menjadikan anak-anak Depok menjadi generasi yang sehat.

“Jadi, selain menjaga kesehatan untuk diri sendiri, biasakan mengajarkan hidup sehat kepada anak-anak. Tentunya dengan pendekatan dalam keluarga, karena keluarga yang sehat juga pasti memiliki anak-anak yang sehat,” tandas Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Depok itu. (Faldi)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *