Sosialisasi Perubahan Iklim

Kegiatan sosialisasi perubahan iklim./ Hendry Wjs
Kegiatan sosialisasi perubahan iklim./ Hendry Wjs

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan gelar sosialisasi Perubahan Iklim dan Langkah Tindak Lanjut Pasca COP 21 Paris, di Hotel Mercure, Jl A Yani Pontianak, Jumat (24/6/2016).

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah KLHK, Ilyas Asaad menuturkan, sosialisasi dilakukan untuk menyampaikan kepada masyarakat, bahwa pertemuan ini penting untuk penyempurnaan Elaborasi INDC ke dalam NDC terutama terkait target kontribusi Indonesia dalam penurunan emisi 2020–2030.

Dengan adanya masukan dari daerah, dokumen NDC Indonesia nantinya akan semakin dekat dengan implementas.

Menurutnya, peran daerah dalam tindaklanjut Paris Agreement dan NDC antara lain adalah sinkronisasi baseline nasional dan sub-nasional, identifikasi resiko dan penanggulangannya, serta yang terpenting adalah mengarusutamakan isu perubahan iklim dalam pembangunan daerah.

Selain bertujuan untuk menyampaikan hasil-hasil penting sebagaimana disepakati dalam Paris Agreement, dan kegiatan ini juga untuk mendapatkan masukan dari Daerah dalam menyusun Dokumen Komitmen Indonesia (NDC/ National Determined Contribution). NDC merupa kan elemen penting dalam komitmen pasca 2020.

Sebagaimana diketahui, Pertemuan Para Pihak UNFCCC ke-21 (COP-21 UNFCCC) di Paris pada 30 November-12 Desember 2015 telah mengadopsi Paris Agreement sebagai hasil utama COP-21.

Paris Agreement merupakan bentuk kesepakatan global baru yang legally binding guna penanganan perubahan iklim yang diakibatkan oleh pemanasan global yang akan diberlakukan mulai tahun 2020. /Hendry Wjs

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *