Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Bersama Korp Alumni HMI (KAHMI) Melawi

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Melawi ) –  Sosialisasi empat pilar MPR RI yang bekerja sama dengan Korp Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Melawi dengan tema refleksi Pancasila sebagai pemersatu dalam kerangka Negara Hukum, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara UUD Negara RI 1945 sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR lainnya. Negara Kesatuan sebagai bentuk Negara Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR-RI Di hadiri oleh anggota DPR RI H. Sukiman S. Pd, MM, wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya UY, A. Md, ketua KAHMI Kabupaten melawi M. Syaiful Khair, M. Si, kepala SKPD, pejabat eselon 2 dan eselon 3, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para tamu undangan serta siswa siswi SMA yang hadir dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Kegiatan di lakukan di Aula Pendopo Rumah Jabatan Bupati pukul 13.30 Wib 16/12/2017.

Kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI itu sndri adalah Pancasila, UUD Negara RI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. H. Sukiman S. Pd, MM mengatakan Isi dari Pilar pertama Pancasila bahwa wilayah Bangsa Indonesia adalah Negara yang besar, yang membentang dari Sabang sampai ke Meraoke, terdiri dari berbagai suku Bangsa yng memiliki beraneka Adat dan Budaya serta memeluk berbagai Agama dan Keyakinan.

Pilar kedua Undang-Undang Dasar 1945 yang mana di perlukan memahami lebih dulu mkna undang-undang dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945.

Pilar ketiga Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Carl. J Friedrich merupakan bentuk pembagian kekuasaan secara teritorial atau lokal division oif power.

Pilar keempat Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan kemudian di jadikan prinsip dalam kehidupan dalam pemerintah guna mengantisipasi adanya keaneka ragaman petunjuk yang di peluk tetap satu dalam pengabdian, “paparnya.

H. Sukiman juga mengatakan dengan adanya empat pilar tersebut akan memberikan kedamaian bagi kita semua sebagai umat Beragama dan berbagai Suku serta Adat Istiadat yang beraneka ragam. Idrus/John

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *