SMPN 1 Tebas Ikuti Sosialisasi “Cantik”

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( SAMBAS ) – Kegiatan terpadu Forkopincam Tebas kali ini mengusung program “CANTIK” yakni Cegah Anak Terindikasi Kejahatan.Dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tebas dengan Nara sumber Ipda H.Wan Adnan (Polsek Tebas) H.Rusli (KTR Camat Tebas) Lukman Hakim (KBPPPOLRI/PERS) .

Penyuluhan terpadu ini rutin dilaksanakan di tiap desa maupun di tiap sekolah dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah,tidak lain dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pelajar akan hak-hak mereka selalu warga negara RI. Apalagi maraknya penyalah guna obat obat yang dikonsumsi kalangan pelajar yang akhir akhir sangat memprihatinkan.

Mereka sudah pandai mencampur berbagai jenis obat batuk,asma, Paracetamol dll yang tentu saja membahayakan kesehatan anak itu sendiri papar Wan Adnan.

Penyebab utama adanya penyimpangan perilaku anak usia sekolah saat ini diantaranya mengalami broken home,kemiskinan,kurangnya perhatian Keluarga,lalai dalam memenuhi kebutuhan anak usia sekolah.padahal anak didalam dan dilingkungan satuan pendidikan wajib mendapatkan perlindungan dari tindakan kekerasan fisikis dan fisika,kejahatan seksual dan kejahatan lainnya.

Tanggung jawab ini sebagaimana dimaksud ayat 1 pasal 54 undang undang perlindungan anak  ada pada tenaga kependidikan, aparat pemerintah dan atau masyarakat,papar Lukman Hakim.

Sementara H Rusli lebih menekankan agar tidak ada eksploitasi anak,perlakukan dan tempatkan anak  sesuai usianya. Anak-anak harus memcintai keluarganya,orang tuanya bahkan teman teman dan tetangganya dan yang lebih penting mencintai tanah air Bangsa dan Negara imbuhnya.

Sosialisasi dan penyuluhan berjalan dengan tertib dan mampu difahami siswa,dan berakhir tepat pukul 10.30 ,untuk selanjutnya Tim terpadu akan melanjutkan kegiatan diberbagai tempat baiknpagi, sore maupun malam sesuai jadwal yang diminta masyarakat.(Lh)/redPKP).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *