SMPN 1 Sekadau Bidik Nilai Sempurna UN

POSTKOTAPONTIANAK.COM, SEKADAU – Tidak lama lagi Ujian Nasional (UN) akan dihelat di seluruh antero negeri. UN merupakan tahap akhir

Albinus Kepala SMPN 1 Sekadau.(FOTO:yahya)
Albinus Kepala SMPN 1 Sekadau.(FOTO:yahya)

dari perjalanan seorang siswa di sekolah. Jika lulus, maka siwa akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jika tidak, maka siswa bersangkutan mau tak mau harus mengulang dari awal.

Di Kabupaten Sekadau, soal suksesi para siswa dalam UN tak diragukan lagi. Selama empat tahun berturut-turut, Kabupaten Sekadau sukses mencatat angka kelulusan seratus persen di berbagai jenjang pendidikan. Tentu ini tak lepas dari peran semua pihak, baik pemerintah, guru maupun orangtua murid.

Kuantitas sudah terbukti, tinggal kualitas kelulusan yang perlu diasah. Ini pula yang ingin dicapai SMP Negeri 1 Sekadau. Sekolah ini sendiri merupakan salah satu sekolah unggulan yang sering menelurkan siswa berprestasi.

Ketika dijumpai Postkotapontianak.com di ruang kerjanya. Sekadau, Albinus menuturkan pihaknya memang tengah membidik nilai kelulusan tinggi.

“Soal kuantitas, semua tahu SMPN 1 Sekadau selalu lulus 100 persen. Nah, sekarang saatnya bicara kualitas,” ucap Albinus.

Untuk mencapai itu, pengelola sekolah telah menempa para siswa sedemikian rupa agar betul-betul siap menghadapi UN nanti. Upaya yang dilakukan meliputi pemberian les sejak November 2014 lalu, try out dan try out mandiri, serta pendalaman materi bagi siswa.

“Kami memulai les untuk siswa sejak november lalu. Ini supaya siswa betul-betul siap. Untuk diketahui, les tidak dipungut biaya, gurunya juga tidak dibayar. Ini komitmen bersama di sekolah. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan mutu pendidikan,” terang Albinus.

Dengan bekal catatan apik pada UN tahun sebelumnya-dimana 10 orang siswa SMPN 1 Sekadau memperoleh nilai kelulusan sempurna alias 10-Albinus meyakini anak didiknya mampu menorehkan prestasi serupa dan bersaing dengan daerah lain.

“Tahun lalu 10 siswa kami dapat nilai 10. Tahun ini mudah-mudahan bisa bertambah,” harap Albinus. SMPN 1 Sekadau sendiri pada tahun ini akan mengujiankan 271 siswa.

(Yahya PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *