SMA Karya wakili Sekadau ke LCC Kalbar

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-LCC empat pilar kebangsaan untuk tingkat SMA/SMK Sederajat di Kabupaten Sekadau. Kegiatan

Subandrio, SH, MH anggota DPRD Kab. Sekadau./yahya
Subandrio, SH, MH anggota DPRD Kab. Sekadau./yahya

bertemakan, ” Kita tingkatkan pendidikan karakter dan budaya bangsa yang memperkukuh persatuan bangsa”dihelat di SMA Karya Sekadau dengan di ikuti 21 Sekolah SMA/SMK Se-Kabupaten Sekadau ini di hadiri,pihak Dikpora selaku panitia, Kepolisian Sekadau melalui Polsek kota, DPRD Sekadau serta ratusan siswa peserta lomba cerdas cermat.

Ketua Panitia.Supriyoso S.Pd ketua menagatakan, tujuan kegiatan guna meningkatkan pendidikan karakter di kalangan generasi muda khusunya siswa SLTA.

Selanjutnya, pemenang dari cerdas cermat 4 pilar kebangsaan ini, akan mewakili Kabupaten Sekadau untuk di perlombakan di tingkat Provinsi Kalimantan barat.

Kegiatan,berdasarkan surat keputusan kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan lahraga.SK.028 Tahun 2015.Tgl 23 Februari 2015.DPA No 10. Tahun 2014 untuk tahun 2015. ” Peserta terdiri dari 21 regu dari 21 SLTA di Kabupaten Sekadau. Setiap regu diwakili 9 peserta,” ucapnya.

Subandrio SH MH, Komisi A DPRD Sekadau dalam sambutanya mengatakan, DPRD Sekadau sangat mensupot kegiatan cerdas cermat ini.

Dikatakan Suban,sosialisasi 4 pilar kebangsaan di lakukan secara menyeluruh di seluruh tanah air indonesia baik dalam bentuk sosialisasi langsung oleh anggota DPR-RI, DPRD Kabupaten kota, dan sosialisasi melalui perlombaan cerdas cermat seperti yang dilakukan saat ini.

Harapan DPRD Sekadau,melalui kegiatan ini sikap moral generasi muda terutama kalangan pelajar dapat di pertahankan dalam proses pendewasaan diri dan berkehidupan di masyarakat, serta mengali nilai-nilai kebangsaan.” paparnya.

Indonesia dikatakan Suban,dapat terjamin keberlangsungan melalui pemahaman dan penerapan 4 pilar kebangsaan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kadis Dikpora melalui,Pengawas SMA/SMK.Drs.Jumaar M.Pd dalam sambutanya mengatakan, Penanaman pendidikan moral melalui  4 pilar kebangsaan dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kemasyarakatan generasi muda siswa-siwi SMA/Sederajat sangat penting.

“Kami  mensupot dan menyambut baik adanya kegiatan ini sesuai arahan DPR-RI guna menumbuh kembangkan sikap dan moral bagi para remaja terutama para pelajar di Kabupaten Sekadau,” ujar Jumar.

Sementara itu,Kapolres Sekadau melalui Kapolsek Kota, IPTU.Muhadi dalam arahanya mengatakan, di era keterbukaan banyak pergaulan yang salah di kalangan remaja. ” Beberapa kasus polisi mendapati pelaku pengangu ketertiban umum dilakukan oleh remaja yang nota bene pelajar,” ungkap Muhadi.

Dengan adanya ajang ini dinilai tepat dan  diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengembalikan sikap moral remaja ke tatanan yang sesuai dengan 4 pilar kebangsaan guna mencegah disintegrasi bangsa.

Kepala sekolah SMK Karya, Drs.Sumardi mengatakan, pihaknya selaku tuan rumah pelaksanaan LCC, kegiatan ini positif dan di perlukan generasi muda terkait kehidupan berbangsa dan bernegara.

” Norma dasar harus di pahami siswa.apresiasi untuk dinas pendidikan dan DPRD yang melaksanakan kegiatan serta di harapkan berkelanjutan,” ungkap Sumardi. Kegiatan di ikuti oleh 189 siswa-siwi dari 21 Sekolah di tambah dengan dua orang pendamping dari setiap sekolah baik guru atau kepala Sekolah.

Sedangkan dewan juri pada kegiatan antara lain, Yohanes Adi Suhardi S.Pd dari SMAN 1 Sekadau, Dra.Yasinta, SMA Karya Sekadau, Sius Rekon S.Pd, SMKN 1 Sekadau Hilir, Eliyas Herry S.Pd,SMAN 1 Belitang Hulu, Salbinus Abin.S.Pd, SMAN 3 Sekadau Hilir dan Seperti Rahayu,S.Pd, SMAN 4 Sekadau Hilir.

Selain di biayai Dinas Pendidikan kegiatan juga di sponsori, DPRD. Kabupaten Sekadau dengan sumbangan tropi bagi para juara.

Keluar sebagai juara Pertama, SMA Karya Sekadau dengan nilai 1.230.Juara II SMA 1 Nanga Mahap dengan nilai 1,130. Juara III, SMN 1 Sekadau dengan nilai 1,150 dan juara IV SMA N 1 Belitang Hulu dengan nilai 1000.penyerahan hadiah dilakukan anggota DPRD Sekadau Subandrio SH MH, perwakilan Dikpora Sekadau, Ketua panitia dan Kepsek SMK Karya Sekadau. /Yahy@/

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *