Sitem Online Buruk, Ancaman UNBK Gagal

Reporter : Devi Lahendra

Drs. Cornelis, MH. / foto : Devi Lahendra
Drs. Cornelis, MH. / foto : Devi Lahendra

POSTKOTAPONTIANAK.COM – PONTIANAK !!  Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH melakukan peninjauan langsung pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/SMK di Kota Pontianak, yang mana untuk tahun ini terdapat beberapa sekolah di Kalimantan Barat yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pelaksanaan UNBK maupun sistem manual menjadi perhatian serius oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, pasalnya berbagai kemungkinan kendala yang dihadapi dapat menjadi ancaman kegagalan UN yang diikuti oleh hampir 5 ribu lebih siswa SMA sederajat maupun SMK sederajat, di Kalimantan Barat.

“Jelas untuk Ujian Nasional baik dari tingkat SMA sampai pada tingkat Sekolah Dasar terus menjadi perhatian kita serta evaluasi kita di setiap tahunnya, baik dari pelaksanaannya maupun pada tingkat kelulusannnya, ” kata Cornelis, pada sejumlah wartawan saat melakukan peninjauan langsung UN di SMA Negeri 1 Pontianak, Senin (4/4/16).

Namun untuk UNBK, menurut Cornelis, hingga saat ini tentu masih menjadi evaluasi serius, karena tidak sedikit kendala yang akan ditemui dalam pelaksanaannya mengingat wilayah geografis kita yang masih belum baik untuk jaringan sistem online.

“Saya rasa masih banyak kendala untuk UNBK, setidaknya faktor jaringan sistem online kita masih belum baik, selain itu juga harus dibutuhkan peralatan pendukung serta kesiapan dari pada siswa itu sendiri dalam menghadapi UNBK, ” ucapnya.

Lebih jauh Cornelis mengatakan, peninjauan langsung pelaksanaan UN di tingkat SMA/SMK dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dinas terkait dalam melaksanakan tugas yang mereka emban sebagai abdi negara.

“Semua akan kita cek dan apakah benar semua ujian dilapangan benar-benar berjalan baik. Jangan hanya laporan saja baik, namun bukti dilapangan tidak baik. Dan itu akan kita buktikan dengan peninjauan langsung pelaksanaan UN baik di kota maupun di kabupaten, ” tukas Cornelis./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *