Siswa akui Ujian Nasional Kali Ini Tidak Bikin Stres

UN Tahun Ini Siswa Tidak Ada Yang Bolos

Pihak UPT Pendidikan tinjau lansung suasana Ujian Nasional
Pihak UPT Pendidikan tinjau lansung suasana Ujian Nasional./ Foto : Luxman/Postkotapontianak

POSTKOTAPONTIANAK.COM-SAMBAS !! Ujian Nasional bagi siswa Sekolah Lanjutan Atas (SMA,SMK,MA) tahun 2016 ini tidak bikin stress dan juga bukan merupakan momok bagi kami, terang Julita salah satu siswi SMK Yos Sudarso pada media ini saat berkesempatan mendampingi UPT Dinas Pendidikan Tebas dan Dewan Pendidikan Kabupaten Sambas meninjau suasana Ujian Nasional di berbagai SLA di Kecamatan Tebas pada 4 April 2016.

Menurut Julita,  UN dulu menjadi momok yang menghantui  kami saat menempuh Ujian Nasional dikarenakan hasil kelulusan ditentukan oleh Pusat, sehingga banyak hal yang terjadi dan kadang tidak masuk akal. Pasalnya, siswa yang selalu rangking justru tidak lulus dan sebaliknya yang rangkingnya jauh justru bisa lulus, ucap dia.

Mauluddin,S.Pd juga sependapat dengan alasan para siswa ini. Namun meskipun kelulusan ditentukan oleh sekolah bukan berarti para anak didik peserta ujian harus santai, usaha keras untuk lulus harus diperjuangkan makanya kita selalu meminta pihak sekolah melaksanakan les dan Try Out ini untuk mengukur sejauh mana daya serap peserta didik ini memahami mata pelajaran yang sudah diterima.

Menurut Mauludin untuk peserta Ujian Nasional tahun ini pesertanya tidak ada yang bolos oleh karena sebab lain, bagi peserta UN yang mengalami sakit sejak awal sudah kita mintakan memeriksakan diri ke Puskesmas setempat. Selain itu pihak puskesmas melakukan jemput bola dalam artian ikut memantau jalannya ujian nasional disekolah- sekolah terutama memantau kesehatan peserta ujian nasional.

Selain itu demi memberikan rasa tenang dan aman sebelum Ujian berlangsung kita melakukan doa dan zikir bersama. Dan tidak lupa kita juga menghimbau pada masyarakat agar tidak melakukan hiburan malam dalam acara pesta perkawinan dan lain sebagainya. Upaya lainnya, pihak kita berkerja sama dengan Satpol PP dan Kepolisian setempat agar diadakan rajia di area yang biasa ditempati anak anak nongkrong, misal di warnet, cafe dan tempat tempat lainnya papar, Mauluddin./Luk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *