Sintang Peringati HUT Pramuka

Thursday, 27 August 2015 14:11

POST KOTA PONTIANAK ! SINTANG-Ribuan anggota siaga, penegak dan penggalang pramuka dari berbagai SD, SMP dan SMA di Kabupaten Sintang memadati Lapangan Sepakbola Kodim 1205 Sintang pada Jumat, 14 Agustus 2015 untuk memperingati Hari Pramuka yang ke 54 Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Sintang. Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai pembina upacara Kamabicab yang juga Bupati Sintang Milton Crosby.

Bupati Sintang saat membacakan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Drs. Adhyaksa Dault, SH, M. Si menyampaikan adanya dua masalalah besar yang melanda kaum muda yakni masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial seperti peredaran narkoba, pergaulan bebas, kekerasan dan kriminalitas. Sedangkan masalah kebangsaan ditandai dengan rendahnya solidaritas sosial, rendahnya semangat persatuan dan bela negara.

“saat ini hampir semua pelajar sudah memiliki handphone bahkan smartphone. Anak-anak kita sudah menjadi generasi cyber yang online. Melihat kecenderungan anak-anak seperti ini, maka gerakan pramuka harus baru, keren, asyik, gembira dan menyenangkan tanpa harus melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang benar” jelas Bupati Sintang.

Tantangan yang dihadapi kaum muda makin besar dan kompleks, masalah ekonomi, sosial, budaya dan politik yang berlangsung di negeri ini akan mempengaruhi perubahan perilaku dan gaya hidup kaum muda, sulitnya mendapatkan pekerjaan, rendahnya rasa hormat kaum muda kepada orang tua. Disinilah gerakan pramuka harus mampu membentuk kaum muda berkarakter,  menanamkan semangat kebangsaan dan membekali keterampilan yang kelak menjadi bekal hidup. Mengingat kaum muda merupakan bagian terbesar penduduk Indonesia. Dalam pelaksanaan upacara tersebut, tiga pelajar membaca Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Dasa Darma Pramuka.

 Pelaksanaan peringatan HUT Pramuka di Kabupaten Sintang dimaksudkan  sebagai wahana pertemuan bagi Siaga, penggalang dan penegak se-Kabupaten Sintang guna menggalang persaudaraan, meningkatkan kualitas SDM Pramuka, menambahkan pengalaman, keterampilan dan ketangkasan pramuka penggalang dan penegak serta membangun diri dan prestasi pramuka penggalang dan penegak melalui pelaksanaan kegiataan kepramukaan yang dikemas, secara kreatif, inovatif, terampil, serta menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan pramuka Kabupaten Sintang jauh lebih kreatif./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *