Siaran Berkualitas Dambaan Masyarakat

Sosialisasi pemantapan penyiaran./tri/PKP
Sosialisasi pemantapan penyiaran./tri/PKP

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK -Sesungguhnya dunia penyiaran dimana pun sama. Sama sama menginginkan siaran yang berkualitas. Baik dari sisi kualitas program maupun teknikal. Hal tersebut seperti disampaikan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kalbar, MS Budi pada acara Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Isi siaran yang digelar di Orchardz Hotel Jalan Perdana Pontianak, 15 Desember 2016.

Kualitas penyiaran tersebut menjadi potret evaluasi kita, sistem pemantauan oleh KPID meliputi pemantauan reguler oleh tenaga pemantau dan aduan masyarakat.

Tugas tenaga pemantau meliputi memantau isi siaran televisi dan radio. Mencatat indikasi pelanggaran P3SPS oleh lembaga penyiaran dalam form pemantauan. Memisahkan rekaman indikasi pelanggaran P3SPS beserta rekaman yang diserahkan kepada divisi isi siaran. Membuat laporan bulanan indikasi pelanggaran P3SPS.

Adapun hasil pemantauan tahun 2016, indikasi pelanggaran P3SPS pada bulan Januari ada 340 kasus, Februari 464 kasus, Maret 400, April 121, Mei 276, Juni 157, Juli 119, Agustus 294, September 181, dan Oktober 184 kasus.

Peran serta masyarakat dalam mengawasi penyiaran perlu ditingkatkan. Mengingat kasus pelanggaran penyiaran yang dilaporkan masyarakat sangat minim.
” Aduan masyarakat masih sangat minim,” pungkas MS Budi.(Tri)/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *