Setelah Banjir Bandang, Kwarnas Gerakan Pramuka Adakan Kemah Bakti Pramuka Peduli di Garut

Pramuka Bantu Korban Banjir Bandang Sampai Batas Akhir./ foto dok Kwarnas
Pramuka Bantu Korban Banjir Bandang Sampai Batas Akhir./ foto dok Kwarnas

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Bidang Abdimasgana dan Bidang Lingkungan Hidup akan mengadakan Kemah Bakti ‎Pramuka Peduli, pada 20-23 Desember 2016, di Lapangan Yonif 303, Tengkorak Putih, Desa Cikandang Kabupaten Garut. Berbagai persiapan terus dirampungkan dibawah arahahan Mayjend TNI M Herindra (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Abdimasgana) dan Kak Abdul Shobur (Wakil Ketua Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup)

 

‎”Garut baru saja mendapat musibah banjir bandang, perkemahan ini akan diarahkan untuk membantu masyarakat Garut. Pramuka sudah hadir di  Garut sejak hari pertama banjir bandang, sekarang kita lanjut misi kemanusiaan Pramuka”, jelas Kak Kurnia Bakti, Ketua Panitia kegiatan ini saat dikonfirmasi, Sabtu (17/12/2016).

Panitia lainnya, yaitu Kak Eko Sulistio, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana menjelaskan, peserta perkemahan ini dari berbagai Kwartir Daerah di Indonesia yang terdiri dari; 4 orang Pramuka Penegak  atau Pandega (dua putera dan dua puteri) dan 1 orang pembina pendamping, syarat lainya adalah berpengalaman mengikuti perkemahan di daerahnya.

Kita ingin Kwarda-Kwarda mengutus peserta terbaik, karena setelah perkemahan kita ingin karya bakti Pramuka benar-benar dirasakan masyarakat Garut”, jelas Kak Eko yang sudah ikut berbagai misi kemanusiaan Pramuka di berbagai negara ini.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault menyambut baik kegiatan ini, ia berharap berbagai kegiatan seperti pemulihan trauma, perbaikan dan pengecatan rumah, penanaman pohon, dapur umum, pengenalan Gudep lingkungan dilaksanakan dengan riang gembira. “Pramuka itu keren, gembira asyik, setiap kegiatan termasuk bakti sosial harus dilakukan dengan gembira”, ujar Kak Adhyaksa yang juga Mantan Menpora ini.

Sebelumnya, Kwarnas Gerakan Pramuka bersama Kwarda Jawa Barat dan Kwarcab Garut melalui Sat Gas Pramuka peduli juga sudah melakukan kerjasama untuk ikut serta ‎membantu para korban banjir bandang di Garut. Pramuka ikut serta mengevakuasi dan mencari para korban yang hilang, dan juga  mendistribusikan bantuan untuk para korban ‎dengan mendirikan sejumlah posko Pramuka Peduli, sama seperti saat ini yang dilakukan dalam membantu korban gempa bumi di Aceh./KGP/(abePKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *