Seminar Nasional Implementasi Kerja Nyata Dalam Edukasi IPTEK Nuklir dan Sosialisasi KOMMUN di Daerah Potensial Tambang Uranium KalBar

Seminar Nasional./tr
Seminar Nasional./tr

POSTKOTAPONTIANAK.COM.! PONTIANAK –Komunitas Muda Nuklir Nasional wilayah Jogyakarta dan Mahasiswa Teknik Elektro Untan menggelar Seminar Nasional Implementasi Kerja Nyata Dalam Edukasi IPTEK Nuklir dan Sosialisasi KOMMUN di Daerah Potensial Tambang Uranium KalBar. Acara yang dihelat di gedung Anex Untan Selasa (8/2/17) ini diikuti sekitar 200 an orang peserta.

Hadir sebagai pembicara Guritno Baskoro, PLT deputi manager perencanaan sistem kelistrikan, Ir Sigit Nugroho Wahyu Jatmiko kepala bidang geologi dan air tanah dinas pertambangan dan energi Kalbar, Novery ST MT Bapedda Kalbar, Dimas Irawan MSI Kepala pusat bidang desiminsi dan kemitraan BATAN, dra Netty Herawati MSI dewan riset daerah Kalbar.

Dalam sambutannya Rektor Untan yang diwakili oleh staff ahlinya, DR Irvani Hendri MSI mengatakan bahwa Generasi saat ini yang dikenal dengan Generasi Z adalah generasi yang serba tahu. Generasi kelahiran 1995 adalah Generasi yang lebih cepat belajar. Karena semua informasi saat ini mudah diakses.

Seperti kita ketahui bahwa Siapa yang menguasai informasi dia yang unggul
Kini berlaku siapa yang mengeksekusi informasi dia yang unggul.

Irvani mengatakan bahwa kini Enterpreneur menjadi hal yang sangat berkembang. Tidak hanya dibidang ekonomi semua berkembang dengan pesat.

Ada peluang di seminar ini, bisa dikembangkan menjadi enterpreneur n sosialpreneur. Kewirausahaan berbasis masyarakat.

Misalnya bisnis dari limbah sampah, dari sampah plastik dibuat furniture. Sampah sebagai masalah sosial bisa bermanfaat untuk kehidupan juga.

Nuklir dahulu dianggap sesuatu hal yang merugikan. Seperti Bom Nuklir yang menghancurkan suatu wilayah. Tapi kini Nuklir bisa digunakan sebagai teman manusia misalnya Nuklir untuk pertanian, Nuklir untuk listrik dan lain lain.

Menurut Gurit Bagaskoro, ST PLT deputi manager perencanaan sistem kelistrikan PLN provinsi Kalbar, kondisi kelistrikan Kalbar selama 5 tahun terakhir tumbuh 20,9 persen. Devisit pembangkit tidak menyurutkan kelistrikan. energi penjualan pun dari tahun ke tahun terus tumbuh. Harga jual rata rata cukup naik signifikan.

Harga Energi listrik rata rata diKalbar Rp 916/ kWh, jauh lebih murah dari kebutuhan pulsa kita perbulan. PLN masih bisa beroperasi karena ada subsidi pemerintah.

Di Kalbar pelanggan PLN dengan daya 450 VA bersubsidi dan 900 VA ada yang subsidi dan non subsidi. VA terbesar adalah rumah tangga.

Sementara itu, Sigit Nugroho Kabid geologi dan air tanah dinas pertambangan dan energi Kalbar mengatakan bahwa ada 25 lokasi radio aktif di Indonesia. Salah satu nya yang ada di Kalbar seperti yang terdapat di Kembayan Sanggau.

Ketua Panitia Puji Suwanto mengucapkan terimakasih pada para peserta yang sudah hadir, sangat antusias dan aktif. Berjuta juta terimakasih juga pada ke 6 Nara sumber dan 2 moderator beserta tamu undangan. Selain itu juga terimasih kepada media yang telah meliput dan sponsor yang telah mendukung acara ini.(Tri)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *