Sekda, Dorong Percepatan Pelelangan 2015

Thursday, 19 March 2015 14:51

SINTANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Berpedoman pada jadwal dan agenda tahun 2015, Sekretaris Daerah Dra. Yosepha Hasnah, M.Si mengelar rapat koordinasi dengan Pimpinan SKPD, ULP dan LPSE kemarin (19/3) di Balai Praja Sintang.

Rapat yang dihadari pimpinan SKPD dan staf yang ditunjuk sebagai Admin RUP, Sekda memberikan pengarahan untuk mendorong pelaksanaan pelelangan di setiap SKPD agar sesuai aturan yang berlaku dan tepat waktu sehingga pada akhirnya realisasi seluruh kegiatan yang ada di SKPD tahun 2015 dapat cepat dimulai.

Selain itu, kata Sekda, rapat ini juga untuk melakukan evaluasi terhadap kesiapan di setiap pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pelelangan, baik dari SKPD, LPSE dan ULP. Sebab para pihak ini memiliki tugas dan tanggungajwab masing-masing yang perlu dipahami dan diperkuat. Berkaca pengalaman tahun-tahun sebelumnya, komunikasi dan koordinasi antar pihak-pihak harus diperkuat secara maksimal, katanya.

Lebih lanjut, Sekda menjelaskan bahwa berdasarkan aturan yang berlaku, pengadaan barang dan jasa harus transparan, membuka ruang kompetisi yang sehat dan akuntanel. Oleh karenannya, pengadaan secara elektronik menjadi sesuatu yang wajib dilakukan.

Kami sudah menerapkan pelelangan secara elektronik dengan dibentuknya Layaanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang didalamnya ada Sistem informasi Rencana Umum Pengadaan yang disingkat SIRUS Setiap SKPD harus menginput data pelelangan di SIRUS untuk kemudian disampaikan kepada ULP. Sampai saat ini, memang masih ada beberapa SKPD belum menginput data tersebut, dan saya meminta agar segera melakukannya, katanya.

Kita menargetkan pada bulan Mei 2015, seluruh pelelangan di SKPD sudah selesai dilakukan sehingga pelaksanaan kegiatan di lapangan bisa lebih dipercepat yang pada gilirannya bisa membawa dampak positif bagi masyarakat, kata Sekda.  (*)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *