Segedong : Pesta Rakyat Tradisi “Robo-Robo” Gelar Malam Hiburan

Pentas hiburan yang bakal memeriahkan acara "Robo-Robo"./ foto : Yudi/PKP
Pentas hiburan yang bakal memeriahkan acara “Robo-Robo”./ foto : Yudi/PKP

SEGEDONG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – “Robo-robo” adalah upacara tolak bala oleh masyarakat Kota Mempawah, upacara ini digelar pada hari Rabu pekan terakhir bulan Safar.

“Robo-robo” digelar untuk menolak bala, juga untuk mengenang hari wafatnya Opu Daeng Menambon. Opu Daeng Manambon yang  membangun Mempawah dengan menjadi seorang raja di Kerajaan di Mempawah.

Selain memeriahkan ritual “Robo-robo”,  masyarakat setempat menggelar berbagai hiburan tradisional seperti jepin, tundang atau pantun berdendang dan lomba perahu bidar.

Perlu diketahui bahwa biasanya memperingati “Robo-robo” juga dilakukan dengan makan bersama keluarga di halaman rumah.

Pantauan media ini dan informasi yang diperoleh dilapangan, dalam rangka pesta rakyat tradisi “ Robo-robo” akan digelar malam hiburan di Pasar Segedong Desa Peniti Besar Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah.

Adapun acara hiburan dimulai dari tanggal 26 November sampai dengan 5 Desember 2016.

Sabtu (26/11) akan dilaksanakan pembukaan hiburan semi band. Minggu (27/11) dilanjutkan dengan Arabic dan Jepin. Untuk Tanjidor pada hari Senin (28/11) dan Selasa (29/11) hiburan Dendang Melayu.

Sedangkan acara puncak “ Robo-robo” pada hari Rabu (30/11) dengan hiburan Dangdutan. Sementara Kasidah dan Marawis Kamis (1/12), Parade Band selama tiga hari dan setelah itu pada acara penutupan Senin (5/12) rencananya bakal dihibur oleh artis dari Ibu kota.

Setiap acara hiburan dilaksanakan pada malam hari dimulai pukul 19.00 wib s/d 23.30 wib. Selain itu untuk hari Rabu (30/11) yang merupakan acara puncak dimulai dari siang sampai dengan malam./Yudi/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *