SDN 51 Sui Enau Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Tak Punya WC

Mirisnya : Anak-anak Jika Mau Buang Air Kecil Harus Pergi di Sekitar Semak-semak

SDN 51 Sui Enau Desa Maribas Kec. Tebas Kab.Sambas Kalimantan Barat, tidap punya WC./foto:lux-pkp
SDN 51 Sui Enau Desa Maribas Kec. Tebas Kab.Sambas Kalimantan Barat, tidap punya WC./foto:lux-pkp

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SAMBAS-Kepala Sekolah Dasar Negeri 51 Sungai Enau Desa Maribas Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Kalbar, Yohanes Sendot membenarkan bahwa di sekolah yang dipimpinya tidak memiliki WC,dirinya mengaku tidak tahu kenapa sampai bisa demikian. Sekolah ini dibangun tahun 2012 dan sampai dengan sekarang belum juga memiliki WC. Terpaksa murid-murid kami kencing disemak-semak belakang sekolah, kata Kepsek pada “postkotapontianak.com”.

Ketua Komite SDN 51 Sungai, Enau Fernandus Atun menyesalkan pembiaran ini, mereka di atas bukan tidak tahu masalah ini, terangnya dengan dialek Dayak yang kental.

Sudahlah WC tidak punya bahkan bangunan sekolah ini dibangun asal-asalan, lihatlah tiang sekolah ini sudah ada yang putus bahkan lis atau lab bingkai jendela dan kaca sudah melapuk karena menggunakan kayu kelas E, bebernya. Sementara kami dituntut untuk meningkatkan IPM, namun sarana penunjang belajar mengajar tidak mendukung, ujar dia kesal.

Terpisah Tokoh Pemuda Desa Maribas Sunardi menyesalkan, akan hal ini, kami selaku pemuda daerah terpencil berharap agar segera dibangunkan WC untuk sekolah di Dusun Sungai Enau ini, harapnya.

Selain itu, kami juga meminta guru-guru daerah terpencil diperhatikan terutama masalah tunjangannya, sudahlah gaji mereka kecil tidak kurang dari Rp.2,5 juta/bulan. Sementara ongkos mereka bolak balik dari Tebas (Ibukota Kecamatan) bisa menghabiskan Rp.1,2 juta/bulan, nah mereka makan apa,terang Sunardi.

“ Kami mewakili masyarakat Desa Maribas, khususnya Dusun Sungai Enau sangat berterima kasih akan dedikasi para guru-guru yang tidak mengenal kondisi tetap datang mengajar, kami mendoakan agar para guru tetap sehat sehingga harapan kami kedepannya akan muncul anak anak desa pedalaman yang cerdas,” sambungnya.

Kepala Desa Maribas Kecamatan Tebas Marsianus Satti, mengaku heran kok ada sekolah yang tak punya WC, jadi kita heran saja Pak,tuturnya pada wartawan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas Drs.H.Jusmadi.Msi, mengatakan bahwa akan dianggarkan kelak tanpa menjelaskan secara detil apa permasalahannya, saat dikonfirmasi diruang kerjanya./Luk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *