SDM Pemprov Yang Terbaik

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK –Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, H M Zet Assovie mengatakan bahwa SDM di Provinsi adalah yang terbaik karena perintah provinsi membawahi 14 kabupaten/kota, berarti info yang diperoleh lebih cepat. Seiring dengan sistem pemerintahan dari pusat ke daerah. Karena gubernur adalah wakil pemerintah pusat. Kalau bupati/walikota bukan wakil pemerintah pusat, dia hanya kepala daerah saja.

M Zet yang ditemui wartawan di rumah radakng Pontianak, Selasa 1-2-17 ini menambahkan bahwa SDM Pemprov harus lebih baik dari Kabupaten/kota karena banyak item yang harus dikuasai.” Saya percaya,bahwa ada 1-2 ASN yang belum siap atau paripurna. Itu adalah proses kita untuk membina mereka,” kata M Zet.

ASN provinsi harus berpikir luas. Tidak bisa berpikir secara sempit. Karena Provinsi adalah representasi dari Negara. Dia harus berpikir tentang kemampuan global dan regional juga tantangan. Misalnya hari ini ada kebijakan Donal Trump, harus bisa menyikapi hal tersebut.

Seperti adanya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Jangan sampai ada MEA kita dirugikan. Barang asing masuk ke Indonesia tapi kita tidak bisa eksport. Jangan sampai posisi kita lemah atau dibawah.

Kita harus bisa memformulasikan kebijakan, mengimplementasikan kebijakan dan mengevaluasi kebijakan. Itu adalah tiga pilar yang harus dipatuhi oleh Aparatur Sipil Negara untuk menguatkan Kalbar.

Disamping itu juga harus ada akar budaya yang kuat. Masa sudah modern seperti ini masih “beramok”. Berarti masih jadul dong, primitif dong. Oleh karena itu kita Pemprov sepakat apapun yang terjadi dibelahan bumi mana pun didunia ini, kita tidak terpengaruh. Kita tetap menjalankan sistem keharmonisan kita.

Kita semua saudara, seperti saudara. Dayak, Melayu Tionghoa dan lainnya menjadi bagian integral yang tidak dapat dipisah pisahkan. “Saya rasa kita pun kalau diurut keatas pasti ada yang menjadi warga suku lainnya. Saya juga begitu,” tegas M Zet.

Kalbar meneguhkan dalam HUT Pemprov ke 60 Tahun kali ini melalui kerja ASN untuk membangun,merawat mengawal dan menjaga harmonisasi daerah. Kita harus menjadi satu kesatuan Keluarga yang utuh sehingga kita tinggal kerja, kerja dan kerja. (Tr)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *