Satu Langkah Untuk Negeri

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jl. A Yani Pontianak, Kamis (10/11/2016).

Peringatan hari pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi, dikatakan Pangdam selaku Inspektur Upacara saat membacakan amanat Mensos RI.

“Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tidak mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun Negara”, tegas Pangdam.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan seperti : taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa, terangnya.

Kali ini peringatan Hari Pahlawan Mengangkat Tema “Satukan Langkah Untuk Negeri” Tema tersebut mengandung pesan untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri.

Selain itu melalui Peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula  dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara diikuti oleh Forkopimda, Staf Ahli Pangdam XII/Tpr, Irdam XII/Tpr, para Asisten Kasdam XII/Tpr, Arendam XII/Tpr, Asterdam XII/Tpr, Kabalakdam XII/Tpr, Veteran pejuang, dan Ketua Dharma Pertiwi serta pengurus Dharma Pertiwi dan Persit KCK Daerah L./DD/LK

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *