Sambut Hari Sumpah Pemuda

KONI Depok Gelar Lomba Marathon

DEPOK ! PKP – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Depok, akan menyelenggarakan lomba lari 10KM atau yang lebih dikenal dengan Depok 10K pada hari Minggu 30 Oktober 2016.

“Jadi kegiatan lomba ini juga bertujuan untuk menarik animo olahraga serta meningkatkan prestasi pemuda dan pemudi masyarakat Depok khususnya dan Nasional umumnya,” ujar Ketua KONI Kota Depok, Amry Yusra kepada wartawan Jum’at (14/10/2016), saat preskom di Gedung KONI Depok, Jabar.

Menurutnya, bahwa terlihat banyaknya minat kawula muda yang datang dari siswa-siswi STLA dan masyarakat umum yang ada di Kota Depok. Bahkan pihak panitia menargetkan peserta yang akan tampil mencapai 5000 orang.

“Artinya, hal itumemberikan angin segar baik dalam persaingan maupun menyemarakan lomba Depok 10K, yang erat kaitannya dengan Hari Sumpah Pemuda,” tutur Amry.

Sementara itu, selaku Ketua Pelaksana Depok 10K Nina Suzanna menerangkan, bahwa lomba lari marathon ini dibagi kedalam tiga kategori. Pertama adalah kategori Elit, kedua kategori Umum dan ketiga kategori Pelajar.

Perayaratan peserta kategori Elit adalah WNI minimal usia 13 tahun dengan biaya pendaftaran Rp.200.000, kategori Umum WNA/WNI minimal usia 13 tahun dengan biaya pendaftaran Rp.100.000 dan kategori Pelajar minimal usia 13 tahun keatas dan tidak dipungut biaya pendaftaran.

“Kategori Elit yang mendaftar baru 10 orang, panitia berharap 20 orang yang terdiri dari 10 putri dan 10 putra. Kategori Elit dan Umum panjang lintasan 10KM sedangkan Pelajar 5 KM,” terangnya.

Menurutnya, bahwa titik start dan finish lomba tersebut berlokasi di Balaikota Depok. Untuk kategori Elit dan Umum start dari Balaikota melintas sepanjang Jalan Margonda Raya hingga putaran UI, kemudian balik lagi menuju Balaikota Depok. Sedangkan kategori pelajar start dari Balaikota melintasi Jalan Margonda Raya kemudian putar balik di putaran Depok Town Sqare (Detos).

“Keterangan dari pakar atletik, bahwa marathon 10KM biasanya kalau pelari nasional 10K dapat ditempuh kurang dari 1 jam. Sehingga kalau nanti kita start dari jam 06:00 pagi, diharapkan jam 08:00 pagi kegiatan sudah selesai sehingga tidak perlu mengganggu aktivitas warga,” tutur Nina.

Nina menambahkan, untuk kategori Elit diharapkan pelari nomor satu nasional Agus Prayogo dan Triyaningsih peraih medali emas di lomba marathon PON XIX Jabar dapat hadir dan tampil didalamnya. Tampilnya kedua jawara lari nasional ini diharapkan mampu memberikan nuansa baru dalam memperebutkan total hadiah Rp.155 juta.

“Event ini yang pertama di kota Depok. Jika memungkinkan kami berharap event ini menjadi agenda tahunan kota Depok kedepannya. Karena event ini juga dapat digunakan sebagai media promosi wisata kota Depok,” ujarnya.

Nina juga menargetkan, bahwa peserta untuk semua kategori sebanyak 5.000 orang. Khusus untuk kategori Elit dan Umum targetnya 500 orang. Pendaftaran peserta berakhir pada tanggal 27 Oktober 2016.

“Namun hingga hari ini panitia baru mencatatkan 1000 pendaftar. Mudah-mudahan hingga pendaftaran nanti berakhir, akan mencapai target hingga 5.000 peserta ,” pungkas mantan Kadis Satpol PP Kota Depok itu.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *