Saka Pramuka Pariwisata Kwarda Kalbar Dilantik

Pengukuhan Saka Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar./ foto : Devi Lahendra
Pengukuhan Saka Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar./ foto : Devi Lahendra

Reporter : Devi Lahendra
PONTIANAK  ! POSTKOTAPONTIANAK.COM —  Membangun sektor pariwisata tak hanya bertumpu pada kinerja dinas yang menaungi, dan keterlibatan gerakan pramuka justru menjadi penopang dalam memberikan kontribusi positif khususnya di dunia pariwisata.

Sejatinya jika mengacu pada naskah kesepakatan bersama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor KB.12KS.001MPEK 2012 dan nomor : 002 PK MoU 2012 tertanggal 27 Februari 2012 tentang peningkatan kemampuan anggota gerakan pramuka di bidang kepariwisataan, maka sudah menjadi wajib untuk di bentuk Satuan Karya (Saka) Pramuka Pariwisata mulai dari tingkat provinsi hingga sampai ditingkat kabupaten/kota.

“Dan hari ini kita lantik Saka Pramuka Pariwisata untuk tingkat daerah Kalimantan Barat, di bawah payung Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar, yang berdasarkan keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat nomor 146 untuk periode 2015 sampai 2020 mendatang kepengurusannya, ” ucap Ketua Kwartir Daerah (Ka.Kwarda) Kalimantan Barat, H. Suriyadi MS, S.Sos, M.Si, usai melantik Saka Pramuka Pariwisata Daerah Kalimantan Barat dibilangan hotel Orchad Pontianak, Senin (21/12/15).

Saka Pramuka Pariwisata, lanjut Suriyadi mengatakan merupakan salah satu Satuan Karya payung(Saka) Pramuka yang menjadi wadah pendidikan di bidang kepariwisataan bagi anggota pramuka agar mereka dapat membantu kegiatan wisata maupun aksi sapta pesona di sekitar destinasi pariwisata sebagai bakti terhadap negara.

“Jadi inilah gambaran bagi pramuka untuk memberikan sumbangsihnya kepada dunia pariwisata, yang sejalan dengan program pemerintah untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai wujud nyata memperkenalkan budaya, adat istiadat serta alam Indonesia kepada dunia luar, ” terang Suriyadi.

Ditempat yang sama Ketua Saka Pramuka Pariwisata Daerah Kalimantan Barat, Dra. Natalia Karyawati. ME mengatakan untuk program ke depan akan dilakukan sosialisasi sekaligus pelantikan untuk Saka Pramuka Pariwisata ditingkat kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

“Ini hal baru bagi kita, tapi kita sangat bersyukur akhirnya Saka Pramuka Pariwisata Daerah Kalimantan Barat akhirnya terbentuk dan berdasarkan program kerja kita terbagi dalam tiga Krida dengan penjabaran yang lebih meluas, ” jelas Natalia.

Natalia mengatakan, tiga dari Krida yang menjadi acuan bagi Saka Pramuka Pariwisata ialah Krida Penyuluh Pariwisata, kemudian Krida Pemandu Wisata dan yang terakhir Krida Kuliner Wisata. Yang kesemuanya memiliki satu kesatuan peran untuk membangun dunia pariwisata khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

“Ia, ini tugas baru yang kita emban, tugas berat kita untuk bisa memberikan sumbangsih besar bagi pariwisata dan terutama bagi pramuka karena suksesnya Saka Pramuka Pariwisata berkiprah di Kalbar ini semua tergantung dari peran serta kita yang dilantik pada hari ini, ” tukas Natalia yang juga menjabat sebagai Kabid Destinasi Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Barat./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *