RINDAM XII/TPR GELAR PELATIHAN BELA NEGARA

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( SINGKAWANG ) – Rindam XII/Tpr menggelar pelatihan Bela Negara untuk calon karyawan PT. Sasmita Bumi Jaya. Dimana Komandan Rindam XII/Tpr Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing membuka secara resmi Latihan Bela Negara Calon Karyawan PT. Sasmita Bumi Wijaya  tersebut di Mako Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, Rabu (6/12/2017).

“Pelatihan ini diikuiti oleh 45 orang peserta yang dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 6 sampai dengan 19 Desember 2017,” ujar Danrindam.

Dimana menurut Danrindam materi pelatihan yang diberikan kepada peserta di bagi kedalam tiga tahap. Diantaranya menurut Danrindam Bidang Pengetahuan (Proxy War, Wasbang,Peng Bela Negara, Peng Senjata, Long Malap, Kepepemimpinan, Pengsarplin, Pengsarpam, Navrad, Teknik Komunikasi / Peng Kom Caraka dan Bintal), Bidang Keterampilan (Baris-berbaris, Peraturan Penghormatan, Navigasi Darat dan Caraka Malam) dan Pembekalan Bidang Kebugaran Jasmani (Mountenering, Halang Rintang dan BDM / Youngmodo).

“Pentahapan Latihan tersebut merupakan bagian terpenting dalam kegiatan penyelenggaraan latihan Bela Negara sehingga latihan dapat berjalan secara sistematis sesuai dengan tujuan dan sasaran latihan yang ingin di capai,” ungkapnya.

Diakuinya pula dalam rangka mencapai tujuan tersebut diperlukan  unsur tenaga pelatih / instruktur yang sangat berkompeten sesuai bidang kemampuan yang dimiliki. Selain itu penerapan sistem pembekalan kepada para peserta pelatihan bela negara juga dinilai olehnya sangatlah diperlukan.

“Materi latihan harus diberikan sesuai dengan pentahahapan maupun metode yang sistematis dan berkesinambungan, sehingga para peserta dapat menerapkan semua ilmu yang telah di terima sesuai dengan bidang pekerjaan / profesi yang akan didudukinya,” katanya.

Menurutnya kemampuan-kemampuan latihan yang diberikan ini bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Kemudian melestarikan budaya, menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945, berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara serta menjaga identitas dan integritas bangsa/negara.

“Fungsi Bela Negara diantaranya mempertahankan negara dari berbagai ancaman, menjaga keutuhan wilayah negara, merupakan kewajiban setiap warga negara dan merupakan panggilan sejarah. Adapun manfaat yang diterima dapat membentuk sikap disiplin,jiwa kebersamaan dan solidaritas, mental dan fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa, melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok, menghilangkan sikap negatif seperti malas,apatis,dan tidak disiplin serta membentuk perilaku jujur,tegas,adil,dan kepedulian antar sesama,” tuturnya.

Ia berharap pelatihan yang diberikan kepada peserta ini nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

“Peserta pelatihan bela negara yang telah mengikuti latihan bela negara di Dodik Bela Negara Rindam XII/Tanjungpura, harus menjadi suri tauladan baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun lingkungan pekerjaan,” tutupnya.(ian)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *