Proses Pembentukan SDM Ditentukan Dengan Keberhasilan Kecukupan Pangan dan Pola Konsumsi

POSTKOTAPONTIANAK.COM

(Kubu Raya) – Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan lomba Cipta menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal tahun 2017 Tingkat Kabupaten di Aula Kantor Bupati Kubu Raya pada Jumat (5/5) siang.

Terkait dengan hal tersebut, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan keberhasilan dalam proses pembentukan sumber daya manusia diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan.

Menurutnya, perbaikan pola konsumsi melalui penganekaragaman pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan B2SA, guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif.

“Pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Beras masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat, sementara konsumsi karbohidrat lainnya yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat,” ujar dia.

Disamping itu, konsumsi sayur dan buah, umbi-umbian, pangan hewani, dan kacang-kacangan masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Untuk itu, maka perlu upaya secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA.

“Upaya tersebut tidak mudah karena terkait dengan perilaku masyarakat sehingga perlu melibatkan pemangku kepentingan terkait,” pungkasnya.

(Viky)

Foto Rusman Ali, Bupati Kubu Raya / Humas KKR / POSTKOTAPONTIANAK.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *