Presiden Jokowi Lantik Badrodin Jadi Kapolri

Presiden Jokowi menyalami Kapolri baru Badrodin Haiti./Ist
Presiden Jokowi menyalami Kapolri baru Badrodin Haiti./Ist

JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Jenderal Pol. Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Badrodin dilantik setelah sehari sebelumnya lolos fit and proper test dan disahkan sebagai calon Kapolri oleh DPR RI.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/4/2015) pagi itu diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) oleh Sekretaris Militer Presiden tentang pengangkatan Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Usai pembacaan Keppres mengangkatan, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi dan penandatanganan berita acara pengangkatan Jenderal Polisi Badrodin Haiti disaksikan oleh sejumlah saksi.

Dalam pembacaan sumpahnya, Kapolri baru, Badrodin Haiti akan setia dan taat kepada Negara Republik Indonesia, “Saya akan memegang rahasia yang menurut sifat atau menurut perintah harus dirahasiakan,” lanjutnya.

Hadir diacara pelantikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja, sejumlah Anggota DPR, pimpinan KPK dan pejabat negara lain.

Badrodin Haiti lahir di Paleran, Umbulsari, Jawa Timur, pada 24 Juli 1958. Alumnus terbaik Akpol 1982 ini pernah meraih Adhi Makayasa.

Di lingkungan Korps Bhayangkara, sederet jabatan penting pernah dipercayakan kepadanya, di antaranya, Asops Kapolri (2011-2013), Kabarharkam (2013-2014), Wakapolri (2014-sekarang), Kapolda Sulawesi Tengah (2006), Kapolda Sumatera Utara (2009-2010), dan Kapolda Jawa Timur (2010-2011).

Pada bulan ketujuh menjabat Kapolda Jawa Timur, Badrodin ditarik ke Mabes Polri dan menjabat Koorsahli Kapolri.

Sebelum dilantik sebagai Kapolri, Badrodin menjabat Pelaksana Tugas (Plt) sejak Presiden Jokowi memberhentikan dengan hormat Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri, pada 16 Januari lalu.

Pada 18 Februari 2015, Badrodin diajukan sebagai calon tunggal Kapolri, menyusul keputusan Presiden Jokowi untuk tidak melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. (Dea)/(BB)/R-I

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *