Pramuka Kodim 1207/BS Ikuti Raimuna Kwarcab Pontianak

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Raimuna adalah pertemuan pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang dilaksanakan Kwartir Gerakan Pramuka sesuai tingkatannya, dimulai dari tingkat Kwartir Ranting hingga tingkat Kwartir Nasional dengan tujuan membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta memberikan kepada mereka kegiata kreatif, rekreatif dan produktif yang berifat edukatif.

Kegiatan Raimuna cabang Kota Pontianak secara resmi dibuka oleh Kak Drs. Winarto selaku Ketua Kwarcab Kota Pontianak yang berlokasi di Jl. Flora komplek MAN 2 Fillial Kelurahan Batulayang, Kec. Pontianak Utara berlangsung mulai tanggal 27 hingga 30 Oktober 2016 diikuti oleh 21 tim penegak putra dan 20 tim penegak putri dari masing-masing Gudep dan Satuan Karya yang berada di Kota Pontianak.

Satuan Karya Pramuka Wira Kartika yang berpangkalan di Kodim 1207/BS turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut dengan mengikutsertakan 16 orang Pramuka Penegak (8 Penegak putra dan 8 Penegak putri).  Pada kegiatan tersebut dijadwalkan pula materi Satuan Karya Pramuka (Saka) yang disampaikan oleh Pamong Saka.

Sertu Suhardiman selaku Pamong Saka Wira Kartika, berdasarkan Keputusan bersama TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 tahun 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembinaa dan pengembangan pendidikan bela Negara dan kepramukaan serta Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 tahun 2009 tentang petunjuk penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika, mendapat kesempatan menyampaikan materi tersebut. 

Ini adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan Saka Wira Kartika kepada anggota Gugus Depan yang belum memilih untuk masuk menjadi anggota Saka.  Pada kegiatan tersebut selain memperkenalkan lambang Saka Wira Kartika, arti dan makna kiasannya, disampaikan juga 5 krida (Krida Survival, Krida Mounteneering, Krida Pioneering, Krida Navigasi Darat dan Krida Penanggulangan Bencana) termasuk Syarat Kecakapan Khusus yang ada di masing-masing krida tersebut.  

Pada krida Survival, peserta Raimuna cabang Kota Pontianak sebanyak 328 orang mendapat pengetahuan tentang lima elemen dasar survival dan modal dasar dalam menghadapi survival serta praktik cara pembuatan api dengan menggunakan bambu kering yang hanya akan dilakukan ketika seseorang dalam situasi survivor.  Kegiatan penyampaian materi Saka Wira Kartika tersebut merupakan kesempatan yang baik sebagai upaya kampanye untuk merekrut personel baru yang akan masuk menjadi anggota Saka Wira Kartika./DD/LK

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *