PRAJURIT LANTAMAL XII LATKOMSOS MASYARAKAT NELAYAN SUNGAI KAKAP KAB. KUBU RAYA

Pontianak, Kamis 12 April 2018,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gregorius Agung W. D. M.Tr (Han) diwakili Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (KH) Drs. Mulyono memimpin Latihan Tehnis Praktek Komunikasi Sosial bagi para Prajurit TNI AL yang bertugas di Pos TNI AL (Posal) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Pelatihan tehnis praktek berkomunikasi kepada masyarakat nelayan di pimpin langsung kadispotmar lantamal XII ini bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktek di lapangan sebenarnya di tengah – tengah masyarakat nelayan. Sebelum pelaksanaan latihan praktek berkomunikasi , peserta diberikan pembekalan tentang pola hidup sehat di kapal, hukum pidana di laut, pembinaan teritorial maritim maupun pengetahuan tentang perikanan.

Latihan tehnis praktek berkomunikiasi langsung kepada masyarakat nelayan ini bagian dari latihan pembinaan teritorial maritim di bawah pembinaan Dinas Potensi Maritim Lantamal XII. Pelatihan bagi prajurit Posal ini sangat penting sebagai bekal para prajurit dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas ,dimana para prajurit harus mampu memahami dan mengimplementasikan binter potmar sebagai fungsi tugasnya yang menempati penugasan di Pos TNI AL wilayah kerja lantamal XII.

Di dalam pelaksanan praktek lapangan, peserta di bagi beberapa kelompok ,untuk dilatih berkomunikasi langsung kepada para nelayan sekitar dengan berbagai persoalan yang di hadapi, selanjutnya para peserta membawa permasalahan masyarakat nelayan di dalam forum diskusi yang di saksikan Kadispotmar dan staf potmar lantamal XII, agar para peserta dapat mampu, menyelesaikan permasalahan dan mampu memberi solusi permasalahan di tengah masyarakat.
Kegiatan latihan ini di ikuti seluruh prajurit pengawak Posmat, Posal jajaran lantamal XII,serta masyarakat nelayan sekitar.

Pada sambutannya Kadispotmar Lantamal XII menyampaikan tujuan dan harapan tersebut adalah melatih prajurit lantamal XII agar mampu memiliki keterampilan dalam hal berkomunikasi khususnya kepada masyarakat merupakan suatu pembinaan potensi maritim diwilayah kerja lantamal XII, dengan adanya latkomsos prajurit dapat melaksanakan fungsi tugasnya apabila prajurit itu ditugaskan di posmat dan posal. Sehingga Kemampuan berkomunikasi itu perlu dilatih karena dengan berlatih Prajurit Angkatan Laut Lantamal XII dapat melaksanakan fungsinya berkomunikasi khususnya dengan masyarakat maritim, karena banyak sekali permasalahan permasalahan yang dihadapi para nelayan baik mulai dari kontribusi sebelum melaut yaitu bekal bahan bakar kapal,kelengkapan surat-surat kapal maupun bekal alat keselamatan di kapal, karena di ketahui bersama akhir akhir ini cuaca sangat extrim atau tidak kondusif, itu perlu dibekali untuk keselamatan berlayar khusunya Life jacket harus ada, radio komunikasi, juga memiliki obat obatan yang bermanfaat apabila terjadi sesuatu di laut, Dengan bekal tersebut para nelayan dapat menggunakan kelengkapan berupa radio komunikasi apabila terjadi Acciedent apapun mereka dapat berkomunikasi dengan pos Angkatan Laut yang terdekat dan bila memungkinkan Prajurit TNI AL di pos akan menjemput ke lokasi untuk membantu dan mengatasi permasalahan yang ada .

Turut hadir pada acara tersebut Kadispen Lantamal XII Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono, Kasubdis Binpuan Dispotmar Mayor Marinir Yuyun Susanto M. Tr (Han), , Kasubdis Kumlater Diskum Kapten Laut (KH) M. Teguh W., S. H., Kasubdis kesum Diskes Kapten Laut (K/W) dr. Fransisca Lidia, PSDKP Sungai Kakap Provinsi Kalbar Bapak Hairudin dan Penyuluh Perikanan sungai Kakap, Bapak Hardiyono dan para Perwira, Bintara dan Tamtama Lantamal XII Pontianak./*

Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak.

Publish : Udin Subari /postkotapontianak.com

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *