Prajurit Jajaran Korem 102/Pjg

Menerima Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu/Pilkada

PKP-PALANGKA RAYA !! Anggota Korem 102/Pjg beserta Balak Aju pada Kamis (17/3) bertempat di Aula Makorem 102/Pjg menerima Sosialisasi Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada Tahun 2016 dengan Tema “ Melalui pembinaan Netralitas TNI, kita wujudkan profesionalisme TNI dan sukses penyelengaraan Pemilu/Pilkada yang Luber dan Jurdil dalam rangka menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa ’’ disampaikan oleh Danrem 102/Pjg Kolonel Arh Purwo Sudaryanto.

Dalam acara sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa Pemilu/Pilkada merupakan sarana untuk mewujudkan pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, sebagaimana diamanatkan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemilu/Pilkada mempunyai nilai sangat strategis bagi perjalanan bangsa Indonesia ke depan. Dalam pelaksanaan Pemilu/Pilkada setiap Prajurit TNI wajib menunjukkan Sikap yang tidak memihak dan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada salah satu kontestan peserta Pemilu/Pilkada.

Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam Pasal 2 pada huruf d ditegaskan bahwa Tentara Profesional yaitu Tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, agar Komitmen Netralitas TNI dalam Pemilu / Pilkada tetap terjaga dan tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dapat merusak komitmen dan citra TNI terkait pelaksanaan Pemilu/Pilkada maka diperlukan Pembinaan secara terus menerus kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI. Pembinaan netralitas TNI ini dilaksanakan bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas seputar Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada./SS/DD

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *