PPK Nanga Pinoh Plenokan DPSHP 

MELAWI, POSTKOTAPONTIANAK.COM-Panitia Pengawas Kecamatan Nanga Pinoh, menggelar

PPK Kecamatan Nanga Pinoh Kab Melawi./fran
PPK Kecamatan Nanga Pinoh Kab Melawi./fran

pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat kecamatan di aula kantor Camat Nanga Pinoh Rabu (30/9), dalam pleno tersebut PPK menemukan ribuan pemilih ganda.

“Persoalan paling signifikan memang data ganda, pada pilplres tahun lalu sebenarnya sudah dicoret namun tahun ini muncul lagi, data tersebut terus kita lakukan perbaikan,” kata ketua PPK Nanga Pinoh Makarius Mateus.

Pleno yang berlangsung terbuka itu dihadiri pula perwakilan PPS – dari 17 desa, camat Nanga Pinoh, Aimolnija, panwascam, koramil, perwakilan polsek, dan LO tim sukses kedua pasangan calon.

Makarius mengungkapkan, kendati telah ditetapkan sebagai DPT pihaknya tetap akan melakukan perbaikan kembali. Kata dia, penetapan ini dilakukan mengingat tahapan penetapan DPT sudah berlangsung.

“Memang masih ada beberapa yang memerlukan perbaikan, dan penentuannya nanti tanggal 2 di KPU Melawi, bahkan setelah diplenokan di KPU nanti juga masih memungkinkan dilakukan perbaikan,” katanya.

Berdasarkan Data Pemilih Sementara (DPS) di 17 desa di Kecamatan Nanga Pinoh jumlah pemilih sebanyak 40.487 orang. Angka ini terbagi dari 20.733 laki-laki dan 19.754 perempuan. Setelah dilakukan verifikasi, jumlah pemilih kembali berkurang menjadi 37.828 terdiri dari 19.356 laki-laki dan 18.472 perempuan.

“Ditemukan banyak nama ganda. Akhirnya kita coret. Karna itu hasilnya menyusut,” ujar Ketua PPK Nanga Pinoh, Makarius Mateus.

Kata dia, wilayah desa yang paling signifikan terdapat data warga ganda ada di Desa Paal dan Desa Tanjung Niaga. Di Desa Paal data jumlah pemilih sebelumnya terdata sebanyak 8.827 setelah dilakukan perbaikan turun menjadi 7.923 orang pemilih. Sedangkan di Desa Tanjung Niaga, dari yang sebelumnya data pemilih sebanyak 6.396 turun menjadi 5.648 pemilih.

“Karena data yang dipergunakan sebelumnya adalah dari DP4 dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil, namun kita kembali lakukan kroscek dan melakukan perbaikan lagi,”  jelasnya.

Sementara itu, Camat Nanga Pinoh, Aimolnija berharap pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati di Melawi dapat berjalan lancar dan aman. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat yang belum terdata bisa melapor kepada petugas.

“Bahkan memasuki hari H juga masih diperkenankan untuk menggunakan hak suaranya, dengan cara membawa kartu identitas, baik KTP, Paspor atau identitas lain yang diperbolehkan, jadi tidak ada alasan untuk tidak memilih,” harapnya.
Dia juga menghimbau kepada warga desa agar bisa membantu untuk memperlancar pelaksanaan Pilkda.

“Peran warga sangat penting dan semoga semua warga yang telah memenuhi syarat telah terdata sebagai pemilih di Pilkada nanti,” pungkasnya. (frans somil/biro melawi)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *