Potensi Pertanian di Sandai Menjanjikan

( POSTKOTAPONTIANAK.COM )

KETAPANG- Kecamatan sandai yang dikenal cukup jauh dari Daerah perkotaan, namun dibalik itu semua mempunyai kelebihan di Sumber Daya

panen yang cukup memuaskan setiap tahunnya.(foto : Abd Salim-PKP)
panen yang cukup memuaskan setiap tahunnya.(foto : Abd Salim-PKP)

Alam (SDA) yang berlimpah ruah diantaranya Pertambangan, perkebunan kelapa sawit, dan karet yang sejak dulu sudah di kenal.

Akan tetapi dari SDA yang sudah dikenal Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, juga berpotensi di Sektor Pertanian khususnya padi yang saat ini dalam masa panen.

Petani Asal Desa Sandai Kiri, Safron Mengatakan,”Selain perkebunan dan pertambangan yang menjadi andalan, di Sandai juga memiliki potensi dibidang pertanian. Akan tetapi tinggal kita sebagai masyarakat saja mau atau tidak untuk bertani,” katanya Kepada “PostKotaPontianak.com” (16/03/2014).

“Meski di kecamatan Sandai ini kondisi tanah banyak terhapit oleh bukit dan gunung, akan tetapi jika dikelola dengan maksimal tentu hasilnya pun akan maksimal juga, ini terbukti saat sekarang yang mana kami sedang dalam melaksanakan proses panen yang cukup memuaskan dari tahun-tahun sebelumnya. Walau hanya sekali dalam setahun” Paparnya.

Dia Juga Menambahkan, “ selain di Desa Sandai Kiri yang berpotensi, di Desa Sandai Kanan Dusun Sumber Resmi dan Sumber Rejo yang disana mayoritas masyarakatnya bertani bisa terbilang berhasil di setiap tahunnya. Ini membuktikan Pertanian Harus menjadi sektor andalan juga di kecamatan sandai.” tambahnya.

Di waktu bersamaan, Tokoh Masyarakat Kecamatan Sandai Suandi Mengatakan, “ Kecamatan sandai merupakan kecamatan yang kaya akan SDA nya, namun saat ini yang menjadi problem petani adalah keterbatasan alat dalam mengelola tanah, ini dikarenakan lahan yang di olah banyak ditumbuhi pohon-pohon besar sehingga mempersulit para petani membuka lahan.”

“Walau demikian, ini semua tentunya memiliki solusi. intinya masyarakat khususnya para petani lokal mempunyai semangat yang tinggi untuk bertani.” katanya.

Dia juga berharap, “kepada para petani agar lebih mengembangkan minat untuk bercocok tanam khsusnya masyarakat pribumi Kecamatan Sandai. Jangan sampai SDA yang ada dibiarkan begitu saja. Untuk pemerintah daerah saya berharap agar memperhatikan dan memberikan bantuan berupa alat garap bagi para petani yang berprestasi. ujarnya.

(Abd Salim PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *