Potensi Kerajinan Lokal Kalbar Mampu Bersaing di Manca Negara

Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis, SPd./humas Prov Kalbar
Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis, SPd./humas Prov Kalbar

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis, SPd, tak henti-hentinya mengkampanyekan agar PKK Kabupaten kota se Kalimantan Barat untuk terus melestarikan kerajinan lokal yang dinilai mampu bersaing di nasional maupun dunia internasional. Seperti Bidai Bengkayang, Tenun Ikat Sintang yang sudah ke Belanda, dan Penganan tradisional Khas Kalimantan Barat yang bernilai gizi tinggi dan menarik.

Di sekadau, Selasa (22/9/2015) Frederika menyarankan PKK agar melestarikan anyaman yang menjadi ciri khas kabupaten sekadau dengan melibatkan instansi terkait, “PKK harus bisa mendukung pengembangan kerajinan rakyat di kabupaten Sekadau sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga,” ujar Frederika.

Menurut Frederika, dalam menjalankan tugasnya, PKK tentu mendapat dukungan anggaran dari Pemerintah kabupaten kota masing-masing, sehingga prinsip kehati-hatian dalam penggunaan anggaran harus diutamakan, dan jangan lupa surat pertanggungjawaban penggunaan anggaran juga dibuat setelahnya.

” PKK harus buat SPJ dalam penggunaan uang untuk program PKK, karena itu uang pemerintah, jangan sampai salah administrasi, bendahara benar-benar mencatat, jangan sampai ada celah orang memeriksa kita,” tegas Frederika.

Lebih lanjut Frederika yang juga ketua Dekranasda tersebut mengharapkan PKK juga harus tetap menjalankan tugas melaksanakan 10 program Pokok PKK. Karena PKK adalah mitra pemerintah yang langsung bersentuhan dengan keluarga.

Pertemuan yang sama di Sintang, Ny. Frederikan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Sintang Ny. Kristina Mulia Akim agar mengoptimalkan kegiatan PKK dan dekranasda “Lestarikan kearifan potensi lokal seperti tenun Sintang yang sudah mendunia, mendapat upakarti dari presiden. Kadisperindag harus ikut andil bagaimana cara pemasarannya, mendatangkan ahli untuk melatih penyempurnaan inovasi kerajinan daerah sintang,” pungkasnya. (Humas Pemprov Kalbar/ Firmus)

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *