Poros Selatan, Jalur Sutranya Pulau Kalimantan

Reporter : Devi Lahendra

Rentang Jembatan Jembatan Pak Kasih Tayan, Penghubung Poros Selatan Trans Kalimantan. / foto : Devi L/PostKotaPontianak.com
Rentang Jembatan Jembatan Pak Kasih Tayan, Penghubung Poros Selatan Trans Kalimantan. / foto : Devi L/PostKotaPontianak.com

TAYAN – POSTKOTAPONTIANAK.COM !! Menelan dana pinjaman dari China sebesar 90 persen dari total nilai kontrak sebesar Rp 835 miliar, pembangunan Jembatan Pak Kasih Tayan, Desa Tayan, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, menjadi jalur sutra poros selatan Trans Kalimantan.

Jembatan dengan panjang 1. 650 meter ini selain menghubungkan antara kabupaten yang ada Kalimantan Barat, tak ayal jembatan yang terpanjang ke dua di Indonesia ini juga menghubungkan antara Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan serta Kalimantan Tengah.

Dengan telah diresmikannya penggunaan Jembatan Pak Kasih Tayan oleh Presiden RI Joko Widodo, menandakan awal dibukanya keran pemisah akses jalur darat yang selama ini menjadi penghambat percepatan pertumbuhan ekonomi khususnya diwilayah pedalaman pulau Kalimantan.

“Dibangunnya jembatan penghubung jalur Trans Kalimantan oleh pemerintah pusat, menandakan keseriusan pemerintah untuk membangun Pulau Kalimantan pada taraf perekonomian yang lebih baik, karena jalur penghubung transportasi saat ini sudah mulai terbangun, ” ucap Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis. MH, pada sejumlah wartawan.

Tak hanya sampai pada penyelesaian pembangunan Jembatan Pak Kasih Tayan, lanjut Cornelis mengatakan pemerintah pusat saat ini fokus menyelesaikan pembangunan jalan lintas yang saat ini masih dalam tahap pengerasan maupun pelebaran.

“Seperti yang dikatakan Presiden pada saat peresmian jembatan, beliau menargetkan hingga tahun 2019 semua akses jalan di Kalimantan Barat maupun di pulau Kalimantan sudah terselesaikan, ” tukas Cornelis./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *