Polres Sanggau Bongkar Kasus Penggelapan Uang 8 Milyar Dengan Modus Mobil Terbakar

SANGGAU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Setiap Kejahatan akan selalu meninggalkan bekas, demikian juga kasus dibalik upaya menghilangkan uang koperasi 8.4 Milyard,  dengan modus atau Skenario mobil terbakar, berhasil dibongkar Polres Sanggau.

Peristiwa  kebakaran mobil Fortuner KB 761 D yang dikemudikan oleh Tersangka Sil ternyata hanya Rekayasa pelaku untuk menguasai uang 8.4 Milyard milik Koperasi Unit Desa Tut Wuri Handayani di SP 2 Mukok.

Menurut Kapolres Sanggau AKBP Dhoni Charles Go, S.Ik bahwa pada Hari Senin (17/10), menjelang siang, menerima laporan dari masyarakat tentang terjadinya kebakaran Mobil Fortuner KB 761 D, di Desa Semuntai Kecamatan Mukok, mendengar informasi tersebut Kapolres menurunkan Tim Reserse untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara.

Berdasarkan hasil Olah Tempat Kejadian Perkara, polisi banyak menemukan kejanggalan kejanggalan, diantaranya Mobil dalam kondisi baik, tidak ditemukan terjadinya arus pendek yang menyebabkan kebakaran, Abu bekas kebakaran tidak sesuai dengan jumlah uang yang terbakar dan sebagainya, berdasarkan hal itulah polisi membawa semakin curiga, bahwa kebakaran ini direkayasa, akhirnya polisi membawa pengemudi  Silvianus Pitus dan satu orang penumpang mobil Jame Kisnodi ( Sekretaris II ) Koperasi untuk dibawa ke Polres Sanggau guna pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut Kapolres Sanggau bahwa peristiwa ini bermula dari tersangka Sil, pada Hari Senin 17/10 pukul 10.45 mencairkan uang petani TBS KUD Tut Wuri Handayani SP 2 Mukok di Bank BRI Cabang Sanggau sebesar Rp. 8.402.798.000 milik 2000 petani Plasma.

Setelah mendapatkan uang tersangka Sil dengan menggunakan mobil Fortuner warna Hitam KB 761 D, bertolak dari BRI Sanggau langsung  menuju KUD Tutu Wuri Handayani, sebelum menuju KUD, tersangka menjemput Kisnodi Sekretaris II Koperasi yang sehari hari sebagai Aparatur Sipil Negara dikantor Camat Meliau, dalam perjalanan di desa Semuntai Kecamatan Mikok, tersangka Sil menghentikan kendaraannya, kemudian keduanya turun dari mobil, untuk buang air kecil, dan tersangka Sil masuk kedalam mobil dan melihat dari dalam mobil, bagian Jok tengah dan Belakang sudah mengeluarkan  api dan asap tebal membakar uang milik KUD. Setelah itu yang bersangkutan melapor kepada pihak Kepolisian Polsek Mukok.

Barang bukti yang diamankan beserta mobil yang terbakar./ dok.hms
Barang bukti yang diamankan beserta mobil yang terbakar./ Foto : dok.hms

Sesampainya di Polsek Mukok, dihadapan Petugas dari Polsek Mukok Ketua KUD menghitung sisa uang yang berada dimobil sebanyak RP 2.051.107.800 masih dalam keadaan utuh, dan uang Rp, 7.831.000 dalam keadaan rusak terbakar dan sisanya 6 Milyard  lebih habis terbakar.

Berdasarkan olah TKP Kapolsek merasa curiga dan meminta bantuan Polres untuk memback up Polsek dalam mengungkap kasus tersrbut.

Tanpa membuang buang waktu Kapolsek bersama Timnya senin malam sekitar pukul 23.00 melakukan Penggeledahan di rumah Silvinus di Jalan Bujang Malaka Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas, dilokasi ini Polisi menemukan uang sebesar Rp. 4.7 Milyard yang disimpan dibawah Tempat Tidur, kemudian ditemukan juga sepeda motor  yang didalam Joknya ditemukan uang 100 juta.

Selanjutnya Polisi menggeledah mobil Milik Hadi Prawoto didalam mobi ditemukan uang 100 juta dan satu unit Air Soffgun , akhirnya kedua pelaku dibawa ke Polres Sanggau guna pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu secara terpisah Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol, Drs. Suhadi Sw.M.Si menyampaikan Apresiasi kepada Kapolres Sanggau dan Kapolsek Mukok dan jajarannya atas keberhasilannya mengungkap kasus tersebut, hendaknya kasus ini dapat dikembangkan, kemungkinan tersangkanya tidak hanya Sil dan Had tetapi ada tersangka lain, jelas Suhadi./(*r)/abePKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *