Polres Melawi Grebek Lokasi PETI

Lokasi PETI di Melawi yang dirazia Aparat Polres./ foto : Policenews Center
Lokasi PETI di Melawi yang dirazia Aparat Polres./ foto : Policenews Center

MELAWI – POSTKOTAPONTIANAK.COM!! Sedikitnya 180 personil dari  Polres Melawi Melawi dan Sat Pol PP menggelar razia  gabungan terhadap aktifitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Landau Garong Dusun Jambu Kecamatan Pinoh Selatan, Selasa (9/2).

Dalam razia gabungan ini tidak satupun penambang atau pemilik alat berada di lokasi. Polisi hanya berhasil menyita 20 set alat PETI  yang menjadi barang bukti, dan langsung dibakar pihak kepolisian.

Kabag Ops Polres Melawi, Kompol Alfan sebagaimana dikutip Policenews Center mengatakan kekuatan personil dalam razia ini sebanyak 180 personil. “Polres menurunkan 150 personil dan dari Sat Pol PP menurunkan 30 personil,” ujarnya. Dikatakan Alfan semua barang bukti langsung  dimusnahkan. “Untuk sementara pelakunya tidak ada karena tidak satu pun pekerja maupun pemilik berada di lokasi,” katanya.

Informasinya yang berhasil dihimpun para pekerja yang menggunakan mesin ini berasal orang luar Melawi. “Informasi diperoleh pekerja PETI yang menggunakan mesin bukan warga setempat. Karena masyarakat setempat mencari emas hanya dengan mendulang saja, tanpa menggunakan mesin,” beber dia.

Razia ini sambung dia, sebab bentuk tindakan respon atas informasi masyarakat yang mengeluhkan kegiatan PETI. “Warga  mengeluhkan ekossistem serta lingkungan disekitar sudah mulai tercemar. Seperti lahan persawahan, serta perkebunan karet yang sudah mulai rusak akibat kegiatan tersebut,” ungkapnya. Selain itu pihak kepolisian juga sudah memanggil empat orang yang mengaku pemilik lahan. “Ada empat orang yang sudah kita panggil untuk memberikan keterangan, semua pemilik lahan,” imbuh Alfan./RED/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *