Polres Gelar Operasi Cipta Kondusif

Polisi Tangkap Pengoplos Gas Isi Air

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Polisi Harry Kurniawan./ said
Kapolresta Depok, Komisaris Besar Polisi Harry Kurniawan./ said

DEPOK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Kapolresta Depok, Komisaris Besar Polisi Harry Kurniawan didampingi Kabag Ops Polresta Depok sebagai perwira Polres yang memimpin operasi cipta kondusif mengungkapkan, bahwa jajaran polresta serta polsek menggelar operasi cipta kondusif  mulai Sabtu ( 15/10/2016) sore,  hingga Minggu (16/10/2016) pagi. Dalam operasi cipkon tersebut berhasil mengamankan enam pelaku berbagai macam kasus dari kejahatan pengoplos tabung gas berisi air serta penjual minuman keras (miras).

“Operasi tersebut, kami menurunkan anggota sejumlah 133 personil dan berhasil mengamankan tiga pelaku kejahatan pengoplos gas berisi air, preman tukang parkir, dan dua penjual miras. Para pelaku yang diamankan hingga kini masih dalam proses pemeriksaan yaitu tiga tersangka pengoplos tabung gas yaitu JA,24, S alias Y,22, dan MI,19, masing-masing pelaku warga Cimanggis. Sedangkan preman parkir liar R,23, dan dua penjual miras, S,35, dan L,32,” ungkapnya kepada awak media, Minggu (16/10/2016), di Mapolres Depok.

Menurutnya, bahwa ketiga pelaku pengoplos gas tersebut ditangkap anggota buser dipimpin Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Teguh Nugroho di daerah Depok. Sedangkan tukang parkir diamankan anggota Polsek Limo dan pedagang miras masing-masing diamankan anggota Polsek Sawangan dan Limo.

“Para pelaku ada yang ditangkap hasil tertangkap tangan anggota dan ada dari patroli mobile anggota ke lokasi rawan sasaran warung remang dan penjual minuman seperti warung jamu yang menjual miras secara diam-diam,” tutur Harry.

Dia juga berusaha membuat wilayah Depok tetap aman dan kondusif. Bahkan pihaknya juga rutin melakukan patroli dan operasi cipta kondusif antisipasi gangguan kerawanan kejahatan konvensional, premanisme, peredaran narkoba, dan miras.

“Artinya, berusaha semaksimal mengantisipasi gangguan kamtibmas pada malam hari rutin kita turunkan tim Jaguar dipimpin Katim Jaguar Ipda Winam Agus di wilayah rawah kejahatan jalanan, dan untuk kasus kejahatan pada anak antisipasi kita turunkan anggota Srikandi dipimpin AKP Elly Padiansari,” ujar Harry.

Harry menjelaskan, untuk pelaku pengoplos tabung gas tersebut masih didalami anggota reskrim. Dari hasil penggeledahan di tempat penangkapan di lokasi pengoplosan gas tersebut, petugas menyita sebuah pipa alat suntik tabung berikut selang sepanjang 50 Cm.

“Selain itu, keranjang angkut tabung gas, 50 buah tabung gas dengan rincian 48 tabung kosong ukuran melon 3 KG dan dua tabung sudah diisi air dan satu stel jas hujan warna merah marun hitam,” jelasnya.

Harry menegaskan, sedangkan untuk barang bukti miras yang disita, ada satu kantung plastik miras oplosan jeenis ciu dan 43 botol miras berbagai macam merek. Miras yang disita dari tangan pedagang warung jamu dan kelontong ini secara diam-diam dipasarkan ke orang bahkan pada udia remaja.

“Pihak kepolisian juga mengamankan tujuh unit motor terjaring razia tidak mempunyai kelengkapan surat-surat,” tandas mantan Kapolres Subang dan Kuningan itu.(Faldi/Sudrajat)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *